nusabali

Jelang Imlek, Maskapai Ajukan Extra Flight

Terima Belasan Extra Flight

  • www.nusabali.com-jelang-imlek-maskapai-ajukan-extra-flight

Diperkirakan sebanyak 241.133 penumpang akan dilayani selama libur panjang pada 8-11 Februari 2024.

MANGUPURA, NusaBali
Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung menerima permohonan extra flight atau penerbangan ektra. Adapun maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan adalah Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, Indonesia Air Asia, dan NAM Air.

“Permohonan extra flight yaitu 18 rute keberangkatan dan 19 rute kedatangan, masing-masing adalah rute domestik Jakarta, Makassar, Surabaya, Lombok, Banjarmasin, Yogyakarta, Solo dan Tambolaka,” kata 

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, Kamis (8/2).

Berdasarkan rencana operasional bandara pada 8 Februari 2024, diperkirakan akan ada 58.221 penumpang dan 378 pergerakan pesawat baik domestik maupun internasional. Namun, hingga Kamis (8/2) pukul 14.00 Wita, telah melayani 23.685 penumpang serta 139 pergerakan pesawat domestik dan internasional. Adapun rute tersibuk adalah Jakarta (CGK) dengan 95 pergerakan pesawat untuk rute domestik dan Singapura (SIN) dengan 38 pergerakan pesawat untuk rute internasional.

Lebih lanjut Handy mengatakan, pihak pengelola bandara telah melakukan berbagai persiapan guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar bandara. Secara aktif pula berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Polda Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, dan Jasa Marga Bali Tol untuk memantau kondisi lalu lintas di sekitar bandara.

Selain itu, pihaknya juga memastikan fasilitas pendukung seperti toll gate keluar dan masuk bandara telah dipastikan dapat beroperasi secara optimal. Petugas juga disiagakan di area bandara untuk mengatur kelancaran lalu lintas.

“Tentunya momen libur panjang ini menjadi perhatian kami guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di sekitar bandara. Serta terdapat petugas kami yang siaga di area bandara untuk mengatur kelancaran lalu lintas,” ucap Handy.

Dia menambahkan, dari data hingga pukul 14.59 Wita kemarin terdapat 15.461 kendaraan yang masuk dan 14.195 kendaraan yang keluar dari Bandara Ngurah Rai. Pada rentang waktu yang sama, terdapat 1.598 kendaraan yang berada di dalam area bandara dengan tingkat keterisian area parkir mencapai 69 persen.

Pihaknya juga menyatakan kesiapan menghadapi lonjakan jumlah penumpang selama libur panjang pada 8 Februari hingga 11 Februari 2024. Diperkirakan sebanyak 241.133 penumpang akan dilayani selama periode ini, dengan rata-rata 60 ribu penumpang per hari. Angka tersebut menunjukkan peningkatan 4 persen dibandingkan dengan pekan pertama Februari yang mencatat rata-rata 57.853 penumpang per hari.

“Prediksi puncak kedatangan penumpang diperkirakan terjadi pada Jumat (9/2) dengan jumlah penumpang domestik sekitar 13.187 dan internasional sekitar 16.589 penumpang. Puncak keberangkatan setelah momen libur panjang selesai diperkirakan terjadi pada 11 Februari 2024 dengan perkiraan 16.244 penumpang domestik serta 19.380 penumpang internasional,” kata Handy.

Masih menurut Handy, pada momen perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini, pihaknya turut meningkatkan customer experience, baik itu melalui thematic event penumpang yang akan dihibur dengan berbagai pertunjukan. “Pertunjukan itu seperti barongsai dan berbagai permainan seru serta hiasan ornamen imlek yang telah dipasang di berbagai titik di bandara,” katanya. 7 ol3

Komentar