nusabali

Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Tabanan Gelar Seminar Parenting Anak Berkebutuhan Khusus

  • www.nusabali.com-yayasan-kemala-bhayangkari-cabang-tabanan-gelar-seminar-parenting-anak-berkebutuhan-khusus

TABANAN, NusaBali.com - Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Tabanan menggelar seminar parenting anak berkebutuhan khusus bertajuk ‘Assessment Siswa untuk Pelayanan Maksimal’ di Sekolah Luar Biasa C Kemala Bhayangkari Tabanan, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Selasa (3/10) pagi.

Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Tabanan, Ina Leo Defretes, mengatakan seminar ini dilaksanakan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada orang tua siswa tentang cara mendidik dan mendampingi anak berkebutuhan khusus.

"Kami menyadari bahwa orang tua anak berkebutuhan khusus membutuhkan dukungan dan bimbingan dalam mendidik dan mendampingi anak-anak mereka," kata Ina Leo Defretes.

Seminar ini diikuti oleh 70 orang tua siswa yang bersekolah di SLBC Kemala Bhayangkari Tabanan. Narasumber seminar ini adalah Dewa Ayu Diah Paramita Putri Nida SPsi MPsi selaku psikolog, dan Kepala Sekolah SLBC Kemala Bhayangkari Tabanan, Zulianti SPd MPd.


Dalam seminar ini, Dewa Ayu Diah Paramita Putri Nida menyampaikan materi tentang pentingnya assessment untuk anak berkebutuhan khusus. Assessment merupakan proses untuk mengumpulkan informasi tentang kemampuan dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Informasi ini nantinya akan digunakan untuk merancang program pendidikan dan intervensi yang tepat untuk anak.

"Assessment penting dilakukan untuk mengetahui potensi dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus," kata Dewa Ayu Diah Paramita Putri Nida yang menjadi pembicara utama.


Sementara itu, Zulianti, menyampaikan materi tentang cara mendidik dan mendampingi anak berkebutuhan khusus. Zulianti menekankan pentingnya orangtua untuk menerima anak berkebutuhan khusus apa adanya. "Orang tua harus menerima anak berkebutuhan khusus apa adanya," kata Zulianti.

Ina Leo Defretes berharap seminar ini dapat memberikan manfaat bagi orang tua siswa untuk mendidik dan mendampingi anak berkebutuhan khusus. Ia juga berharap seminar ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

“Harapan saya, sekolah kami lebih dikenal oleh masyarakat Tabanan, dan lebih banyak lagi orang tua yang memiliki anak-anak luar biasa mau menyekolahkan anaknya disini.

Dan mereka yang kami didik disini, diharapkan memiliki suatu kelebihan minimal untuk diri mereka sendiri,” kata Ina Leo Defretes.

Saat ini Sekolah Luar Biasa C Kemala Bhayangkari Tabanan memiliki total 132 siswa tetapi yang aktif bersekolah sebanyak 70 hingga 75 siswa.

Komentar