nusabali

Sempat Mundur, Deklarator NasDem Karangasem Masuk DCS

  • www.nusabali.com-sempat-mundur-deklarator-nasdem-karangasem-masuk-dcs

AMLAPURA, NusaBali - Sempat mundur sebagai bakal calon legislatif (bacaleg), salah satu deklarator Partai NasDem Karangasem, I Kadek Sujanayasa mendadak masuk sebagai DCS (Daftar Calon Sementara) untuk Pemilu 2024. Dia masuk sebagai bacaleg DPRD Karangasem dapil Karangasem IV yang meliputi Kecamatan Selat, Rendang dan Sidemen.

Masuknya Sujanayasa mengejutkan, karena sejak awal dia tidak maju nyaleg dan berpolitik praktis lagi. Ketua DPD Partai NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan Sujanayasa muncul dalam DCS, karena menggantikan bacaleg Ni Putu Sutini. “Saudara I Kadek Sujanayasa masuk DCS, karena partai masih memerlukan, dan beliau bersedia," jelas Mas Sumatri kepada NusaBali di Amlapura, Selasa (3/10).

Kata Mas Sumatri, bukan saja DPD Partai NasDem yang menginginkan Sujanayasa masuk sebagai caleg di Pemilu 2024. Pihak DPW Partai NasDem Provinsi Bali juga mendorong Sujanayasa maju bertarung. Apalagi yang bersangkutan adalah pendiri Partai NasDem Karangasem tahun 2012, sebelum jabatannya diambil alih Mas Sumatri pada 2016 silam. Sujanayasa, telah dua kali memenangkan kursi DPRD Karangasem. Dia pernah duduk di dewan hasil Pemilu 2014, dan Pemilu 2019. Saat Pemilu 2014, Sujanayasa meraih 3.944 suara. Kemudian Pemilu 2019 meraih 3.047 suara. Sehingga kali ini statusnya incumbent dan tengah berjuang merebut kursi untuk periode ketiga.

Sujanayasa yang politisi asal Banjar Pakel, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, masuk DCS di Dapil Karangasem IV bersama I Gusti Ngurah Alit, Ni Luh Sri Astini, Cokorda Gede Sayoga, I Nyoman Sukarma, I Kadek Angga Hari Sanjaya, I Gusti Lanang Agung Ariawan, Ni Kadek Ekayanti, I Komang Putra Adnyana, I Gusti Agung Bagus Herry Setyawan dan Kembang Ayu Tresnawati.

Dengan masuknya Sujanayasa dalam DCS, setidaknya target Partai NasDem di Karangasem IV untuk merebut 3 kursi dewan akan tercapai. Saat ini, NasDem memiliki 9 kursi dari 45 kursi DPRD Karangasem.

Sujanayasa sendiri di konfirmasi NusaBali, enggan memberikan tanggapan terlalu jauh, mengenai dirinya masuk DCS. "Tanyakan saja kepada DPW dan DPD, sebab sebelumnya DPW telepon saya agar kembali menjadi caleg," jelasnya singkat.k16

Komentar