nusabali

Kodim Bantu Betonisasi Jalan di Buana Giri

  • www.nusabali.com-kodim-bantu-betonisasi-jalan-di-buana-giri

AMLAPURA, NusaBali - Kodim Karangasem membantu pengerjaan betonisasi jalan melalui program Karya Bhakti Semester II Tahun 2023, di Banjar Komala, Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Selasa (19/9). Betonisasi  ini panjang 400 meter, lebar 2,5 meter, dan ketebalan 10 cm.

Pasiterdim (Perwira Seksi Teritorial Kodim) Kodim Karangasem Kapten Inf Marjuli mengatakan kegiatan itu untuk memudahkan para petani beraktivitas usaha tani.  Perbekel Buana Giri I Nengah Diarsa mengapresiasi bantuan tenaga dari Kodim Karangasem melalui program Karya Bhakti Semester II. “Bantuan ini sangat membantu masyarakat dan turut memberikan andil kelancaran pembangunan desa,” jelasnya.

Karena, kata dia, petani belum bisa mengendarai sepeda motor menuju lahan garapan. Tapi, kini bisa sehingga semuanya menjadi lancar dan mudah. Petani kini rata-rata ke lahan garapan mengendarai sepeda motor.

I Nengah Diarsa memaparkan, masyarakat Banjar Komala, dan Banjar Dangin Sema, berbaur dengan anggota TNI yang kebetulan menggelar karya bhakti di tempat itu, sama-sama mengangkut material. "Anggota TNI juga bantu angkut material, menghampar beton, mengaduk beton dan mengangkut beton," kata I Nengah Diarsa.

Pembangunan betonisasi itu, jelas dia, berbiaya dari APBDes Desa Buana Giri Rp 59 juta, dan dukungan dana swadaya masyarakat Rp 21 juta. "Pengerjaannya secara swakelola dengan sistem padat karya," tambah I Nengah Diarsa. Jalan rabat beton ini dari Banjar Komala menghubungkan ke Pos Pantau Gunung Agung dan Pura Dang Kahyangan, Desa Adat Komala, di Bukit Pucak Sari.7k16

Komentar