nusabali

Pemkot Gelar Sekolah Pasar Rakyat Sasar Pedagang dan Pengelola Pasar

  • www.nusabali.com-pemkot-gelar-sekolah-pasar-rakyat-sasar-pedagang-dan-pengelola-pasar

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar kegiatan Sekolah Pasar Rakyat di Pasar Suwung Batan Kendal, Denpasar Selatan, Jumat (15/9). Kegiatan ini untuk pengembangan pengetahuan pedagang dan pengelola pasar.

Kadis Perindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari, mengungkapkan sekolah pasar rakyat merupakan wahana belajar bersama yang menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan tempat untuk kemajuan pasar rakyat. Dijelaskannya, sekolah pasar ini diikuti oleh 40 orang pedagang dan pengelola pasar yang berasal dari 3 pasar rakyat. Tiga pasar dimaksud adalah Pasar Suwung Batan Kendal sebanyak 28 orang, Pasar Serangan sebanyak 6 orang, dan Pasar Sudha Mertha sebanyak 6 orang. Di sekolah pasar rakyat ini nantinya seluruh peserta akan diajarkan mengatur keuangan bagi para pedagang, melayani pembeli, serta kiat tawar menawar di pasar. Salah seorang peserta, Ni Made Ari Anitya Dewi menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pedagang. Hal ini lantaran peserta diajarkan berbagai cara untuk menghadapi para pembeli dan bagaimana cara bersikap sebagai pedagang kepada para pembelinya. Selain memberikan edukasi, para pedagang juga diberikan pemahaman untuk dapat terus menjaga kualitas dan mutu pasar menuju pasar yang sehat, segar, dan terpercaya.

“Kita diajarkan untuk bersikap jujur dan ramah kepada para pembeli, sehingga mereka bisa merasa nyaman dan kita juga diajari untuk tetap menjaga kualitas produk agar higienis dan layak dijualbelikan,” tutur Ni Made Ari. 7 mis

Komentar