nusabali

Diskerpus Gelar Pelatihan Pencelupan Dupa dan Pembuatan Sabun

  • www.nusabali.com-diskerpus-gelar-pelatihan-pencelupan-dupa-dan-pembuatan-sabun

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Badung menggelar pelatihan pencelupan dupa dan pembuatan sabun cuci piring di Gedung Layanan Sastra Mangutama Badung, Rabu (13/9).

Kegiatan ini ditujukan kepada Perpustakaan Desa Penerima Manfaat dan Perpustakaan Desa Replikasi Mandiri dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung Nyoman Ayu Wiratini, mengatakan pelatihan pencelupan dupa dan pembuatan sabun ini adalah kegiatan inklusi sosial. Hal ini dilakukan dengan harapan masyarakat mengenal perpustakaan bukan hanya tempat meminjam buku, melainkan sebagai tempat untuk transformasi. Bagaimana perpustakaan itu menjadi perubahan yang mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Target sasaran ini sebenarnya adalah seluruh masyarakat Badung, tapi kita mulai dari hal yang kecil dahulu. Jadi kita mulai dari perwakilan dua orang dari desa/kelurahan, sehingga kita harapkan dengan mereka mengikuti pelatihan ini dapat menggetok tularkan kepada masyarakat lainnya,” ujarnya.

“Kita berharap dari adanya pelatihan ini akan ada suatu kontribusi atau manfaat dari peserta pelatihan. Apakah itu nantinya untuk meningkatkan penghasilan atau memenuhi kebutuhan. Karena untuk pencelupan dupa itu dibutuhkan oleh masyarakat Hindu setiap hari,” katanya.

Wiratini juga berharap kegiatan pelatihan lainnya yang bisa meningkatkan ilmu dan skill masyarakat juga dapat dilaksanakan ke depannya. “Semoga ke depannya kegiatan seperti ini dapat diperbanyak,” harapnya. @ ind

Komentar