nusabali

Paul Pogba Doping, Terancam Sanksi 4 Tahun

  • www.nusabali.com-paul-pogba-doping-terancam-sanksi-4-tahun

TURIN, NusaBali - Gelandang Juventus, Paul Pogba, terancam sanksi empat tahun setelah dicurigai doping. Pogba saat ini telah dijatuhi sanksi skorsing sementara oleh Otoritas Anti-Doping Italia (NADO).

NADO menduga Pogba positif menggunakan testosteron setelah tes yang dilakukan pada 20 Agustus 2023. Tes tersebut dilakukan setelah pertandingan Juventus melawan Udinese pada 19 Agustus 2023.

Pogba belum memberikan komentar terkait tuduhan tersebut. Namun, agennya, Rafaela Pimenta, mengatakan bahwa Pogba tidak pernah ingin melanggar aturan. "Kami menunggu hasil tes ulang dan kami tidak bisa mengatakan apa-apa sekarang," kata Pimenta kepada Tuttosport. "Tentu saja, Pogba tidak pernah ingin melanggar aturan - saya bisa menjamin itu."

Jika terbukti bersalah, Pogba bisa dijatuhi sanksi dua tahun hingga empat tahun. Sanksi tersebut bisa lebih berat jika Pogba terbukti menggunakan testosteron dengan sengaja. Pogba saat ini telah membela Juventus sebanyak 12 kali musim ini. Ia juga pernah bermain untuk Manchester United.

Pogba adalah salah satu pemain kunci timnas Prancis saat mereka menjuarai Piala Dunia 2018. Namun, ia tidak masuk dalam skuad Prancis untuk Piala Dunia 2022.

Testosteron sendiri adalah hormon yang dapat meningkatkan kekuatan otot dan ditemukan di berbagai produk yang dijual bebas di apotek. Hormon ini juga diproduksi secara alami oleh tubuh pria. Tes doping pada atlet mencari bentuk sintetis testosteron dalam sistem mereka.

Testosteron dapat meningkatkan kinerja atlet dengan meningkatkan massa otot, kekuatan, dan daya tahan. Namun, penggunaan testosteron yang tidak sah adalah doping dan dapat dihukum oleh badan anti-doping.7

Komentar