nusabali

Pengangguran di Klungkung Turun 5,95 Persen

  • www.nusabali.com-pengangguran-di-klungkung-turun-595-persen
  • www.nusabali.com-pengangguran-di-klungkung-turun-595-persen
  • www.nusabali.com-pengangguran-di-klungkung-turun-595-persen

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tidak mengalami perubahan karena banyak generasi muda tidak melanjutkan kuliah setamat SMA.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi pembina apel paripurna di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Senin (11/9) pagi. Bupati Suwirta mengatakan, berkat pertumbuhan pariwisata dan investasi membuat pengangguran di Klungkung turun sekitar 5,95% yang merupakan terbesar di Bali.

Namun, penurunan pengangguran tidak terlalu signifikan mempengaruhi IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Klungkung dan masih di peringkat 5. 


Menurut Bupati Suwirta, IPM tidak mengalami perubahan signifikan karena banyaknya generasi muda yang tidak melanjutkan kuliah setamat SMA dan memilih untuk bekerja. "Meningkatkan IPM harus dengan meningkatkan pendidikan dan mencerdaskan anak-anak kita. Saya minta kepada orangtua untuk mengutamakan pendidikan anak-anak," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini menegaskan, meskipun birokrasi di Kabupaten Klungkung dianggap sudah bagus oleh 

Kementerian Dalam Negeri, tapi tidak baik-baik saja. Sebab pelayanan publik di Klungkung masih dikalahkan kabupaten lain. Bupati Suwirta berharap seluruh aparatur sipil negara (ASN) bekerja lebih baik lagi dan meningkatkan rasa cinta atau memiliki terhadap Kabupaten Klungkung. 


Sedangkan untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Desa) di Kabupaten Klungkung sudah merancang One Gate One Destinasion yang akan mampu mengatasi kebocoran retribusi. Apalagi pembangunan Pusat Kebudayaan Bali (PKB) yang akan segera berlanjut. "Jika pembangunan ini telah selesai, maka akan semakin meningkatkan PAD Klungkung dan tentunya juga kesejahteraan pegawai ASN," ujar Bupati Suwirta. @wan

Komentar