nusabali

Mahasiswa Temukan Solusi Atasi Anak Tantrum, Pakai Sepeda Kayuh

  • www.nusabali.com-mahasiswa-temukan-solusi-atasi-anak-tantrum-pakai-sepeda-kayuh

JAKARTA, NusaBali - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menciptakan alat terapi fisik untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) maupun autis yang mengalami tantrum.

Alat berbentuk sepeda kayuh ini dapat meningkatkan motorik ABK dan dapat mengubah mood atau suasana hati ABK lebih baik.

Nama alatnya yaitu Scalextric by Bike. Alat terapi ABK yang mengalami tantrum hasil karya mahasiswa UM Surabaya. Pembuatan alat terapi berbentuk sepeda kayuh ini dilatarbelakangi dari pengalaman siswa didik berkebutuhan khusus di salah satu sekolah inklusi di wilayah KKN mahasiswa tersebut. Siswa didik di sekolah inklusi tersebut susah melampiaskan emosi saat tantrum sehingga mengganggu aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Setelah berkoordinasi dengan guru dan psikolog, akhirnya ditemukanlah metode efektif yang dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Metode efektif yang dapat menstimulasi kognitif dan meningkatkan motorik dari siswa atau ABK tantrum.

Sistem kerjanya cukup sederhana. Penggunanya hanya diharuskan untuk mengayuh sepeda yang sudah dimodifikasi untuk menggerakkan gear yang terhubung ke generator mini.

Dari gerakan ini menghasilkan daya hingga 20 volt untuk menghidupkan lampu indikator LED. Semakin kencang kayuhan sepeda, maka semakin cepat lampu indikator bergerak yang dapat menimbulkan efek puas dan senang bagi penggunanya.

Hingga saat ini inovasi alat terapi anak tantrum tersebut masih dalam proses pengembangan dan penyempurnaan dari sisi keamanan serta kelengkapan fitur. Diharapkan alat yang proses pembuatannya memakan waktu hampir 1 bulan ini dapat menjadi salah satu alat untuk mempermudah guru ataupun orang tua yang memiliki abk dalam melatih kognitif serta gerak fisik anak anak. 7

Komentar