nusabali

Penataan Lapangan Alit Saputra Dikebut

  • www.nusabali.com-penataan-lapangan-alit-saputra-dikebut

TABANAN, NusaBali - Penataan Lapangan Alit Saputra di Desa Dajan Peken, Kecamatan Kediri, Tabanan, terus dikebut. Karena, saat ini progres penataan baru mencapai 10,27 persen. Proyek senilai Rp 7 miliar ini diharapkan rampung akhir tahun 2023.

Penataan Lapangan Alit Saputra akan berlangsung dua tahap. Tahap pertama, dimulai Juli 2023 dengan anggaran Rp 7,03 miliar dan nilai kontrak Rp 6,7 miliar. Tahap kedua, dilanjutkan pada 2024. Selama itu pula, lapangan seteril dari aktivitas Masyarakat.  Kegiatan olahraga maupun rekreasi agar dialihkan di tempat lain untuk sementara waktu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan, I Made Dedy Darmasaputra mengatakan progres 10 persen ini pengerjaannya masih fokus penataan jogging track, drainase, dan planter. "Mulai penataan baru Juli kemarin, jadi masih diangkat 10 persen," jelasnya, Kamis (7/9).

Disebutkan, penataan tahap pertama ini, selain perbaikan jalur jogging, penataan lanjutan ini juga mencakup perbaikan kondisi lapangan, termasuk pembuatan drainase dan taman, hingga penataan di bagian timur lapangan. "Nantinya, kawasan Alit Saputra akan menjadi tempat yang nyaman untuk berolahraga dan bersantai, serta menjadi tempat bermain anak-anak sesuai dengan keinginan bapak Bupati," sebutnya.

Dengan penataan ini, terang Dedy, tentunya keberadaan Lapangan Alit Saputra akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Tabanan. Selain menjadi tempat wisata olahraga, lapangan tersebut juga akan menjadi ruang terbuka hijau yang disukai oleh masyarakat. "Konsep penataan pertama ini lebih pada pelebaran jalur jogging track, penambahan fasilitas olahraga, serta penambahan wahana bermain untuk anak-anak," tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menegaskan, penataan lapangan Alit Saputra sebagai bentuk realisasi komitmen Pemkab Tabanan untuk menyediakan ruang terbuka hijau yang layak, humanis, dan estetis. "Kelayakan tersebut untuk menunjang aktivitas masyarakat, khususnya yang sedang berolahraga, agar lebih nyaman dan menyenangkan karena akan dilengkapi dengan lintasan jogging selebar enam meter," terangnya belum lama ini.

Dari sisi estetika, diterangkan Bupati Sanjaya, Lapangan Alit Saputra ke depannya akan dilengkapi taman dan ornamen. Kehadiran taman di Lapangan Alit Saputra ini salah satunya akan melengkapi fasilitas bermain yang telah ada pada Taman Bunda PAUD di sisi utara. Penataan ini juga untuk membuat aktivitas upacara atau apel peringatan hari-hari nasional jauh lebih representatif. Dia berharap penataan ini pada nantinya bisa menjadikan Lapangan Alit Saputra sebagai ruang terbuka publik yang ikonik. 7des

Komentar