nusabali

Timnas U-23 Hadapi Tantangan Besar

Belum Disiapkan Strategi Khusus Lawan Taiwan

  • www.nusabali.com-timnas-u-23-hadapi-tantangan-besar

SOLO, NusaBali - Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari Sutaryadi, mengungkapkan satu tantangan besar yang dihadapi timnya saat menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Menurutnya, Timnas U-23 tidak memiliki waktu yang panjang untuk mematangkan persiapannya menghadapi Taiwan dan Turkmenistan di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Timnas U-23 sudah memulai agenda latihan perdana sejak Senin (4/9). Materi latihan lebih untuk proses recovery. Karena itu, skuad Garuda Muda hanya punya waktu singkat jelang menghadapi laga perdana, yakni lawan Taiwan pada Sabtu (9/9) dan Turkmenistan pada Selasa (12/9), di Stadion Manahan, Solo. 

“Harinya sangat padat ya, karena persiapannya mepet sekali. Semoga para pemain bisa fokus saat menjalani latihan taktikal bersama tim pelatih,” kata Ernando Ari.

Kiper Persebaya Surabaya itu berharap Timnas U-23 dapat lebih fokus mematangkan persiapan. Mereka tak boleh memandang remeh lawan yang akan dihadapi di ajang ini. Sebab semua tim yang akan dilawan punya potensi besar merepotkan. Anak asuh Shin Tae-yong lebih baik fokus dengan persiapannya sendiri.

Sesi latihan taktik memang mulai diberikan Shin Tae-yong pada Selasa (5/9). Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu harus mendampingi Timnas senior di Surabaya. Praktis, Garuda Muda hanya memiliki waktu empat hari untuk memahami materi taktik dan strategi yang diinginkan Shin Tae-yong dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ini.

Sementara itu, Timnas U-23 sendiri belum menyiapkan strategi khusus untuk melawan Taiwan (China Taipei).  Shin mengatakan strategi baru dibentuk setelah laga Taiwan vs Turkmenistan, di Stadion Manahan Solo, pada Rabu (6/9) malam. 

Shin mengaku akan memikirkan, memutuskan persiapan bagaimana strategi yang akan digunakan setelah melihat laga tersebut. Setelah melawan Taiwan, Timnas U-23 akan bertemu lawan terberat di Grup K yakni Turkmenistan, di Stadion Manahan Solo, pada 12 September 2023.

Dia mengatakan akan dapat menganalisa Turkmenistan saat melawan Taiwan. Setelah itu, dia  baru bisa menjelaskan lebih detail seperti apa atau strategi yang digunakan. STY juga memastikan para pemain timnas U-23 dalam kondisi baik.

Sementara itu, kapten tim Timnas U-23 Rizky Ridho mengungkapkan dirinya menargetkan Indonesia lolos dan tampil pada PIala Asia U-23 2024 di Qatar. Skuad Garuda Muda akan tampil dengan cara terbaik untuk mewujudkan target tersebut.

"Kami akan mengikuti instruksi pelatih, saya yakin itu terbaik untuk kami. Saya akan bermain sebaik mungkin di pertandingan nanti," kata bek persija itu. ant

Komentar