nusabali

Surat Suara Pilkel Serentak Mulai Dilipat

  • www.nusabali.com-surat-suara-pilkel-serentak-mulai-dilipat

Puluhan ribu surat suara yang sudah selesai dicetak mulai dilipat menyongsong pencoblosan pada 24 September mendatang.

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng bergerak lebih awal untuk menyiapkan logistik Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak di 11 desa. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PMD I Made Dwi Adnyana ditemui di ruang kerjanya, Jumat (1/9), menjelaskan surat suara untuk 11 desa pelaksana Pilkel serentak sudah siap sejak Rabu (31/8) lalu.

Staf PMD pun langsung melakukan pelipatan surat suara, mengingat jumlahnya sangat banyak.  Total ada 58.608 lembar surat suara yang dicetak, Jumlah tersebut sudah melebihi 4 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 11 desa penyelenggara Pilkel Serentak. Kelebihan surat suara tersebut sebagai upaya antisipasi surat suara rusak dan ada penambahan pemilih baru di luar DPT.

“Harapan kami pelipatan surat suara ini sudah selesai dalam waktu seminggu. Kalau sudah dekat target dikira masih banyak, akan kami tambah tenaga pelipatan atau pemberlakuan jam lembur,” kata Dwi Adnyana yang juga masih merangkap jabatan sebagai Camat Buleleng ini.

Sehingga distribusi logistik Pilkel serentak dapat dilakukan sesuai jadwal yakni 15-17 September mendatang. Sementara itu, untuk logistik lainnya seperti bilik suara dan tinta masih menunggu pengantaran sampai ke kantor Dinas PMD. Dwi Adnyana menyebut untuk bilik suara, Dinas PMD mendapatkan hibah dari KPU Buleleng bekas bilik suara pada Pemilu 2019 lalu.

Dalam tahap pendistribusian logistik Pilkel Serentak hingga tahapan pencoblosan dan penghitungan suara akan dikawal ketat oleh TNI/Polri. Dinas PMD Buleleng juga telah menjalin kerjasama dan sinergi untuk pengamanan Pilkel Serentak yang aman, damai dan lancar pada 24 September mendatang.

Selain itu khusus untuk pengamanan di masing-masing desa juga akan melibatkan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan juga pecalang. 7k23

Komentar