nusabali

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Jembrana

KPU Sosialisasi Selama 6 Hari di Seluruh Kecamatan

  • www.nusabali.com-kirab-pemilu-2024-tiba-di-jembrana

NEGARA, NusaBali - Kirab Bendera Pemilu 2024 diserahkan KPU Buleleng kepada KPU Jembrana di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK), Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Rabu (30/8) sore. 

KPU Jembrana akan melaksanakan sosialisasi selama 6 hari kedepan di seluruh Kecamatan di Jembrana.

Setelah acara penerimaan Kirab Bendera Pemilu, berlanjut dengan long march atau jalan kaki bersama melibatkan seluruh jajaran Ad Hoc KPU Jembrana dan partai politik (parpol) se-Jembrana. Rute yang ditempuh dari GKBK menuju KPU Jembrana, di Jalan Udayana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

Long march Kirab Bendera Pemilu 2024 menempuh jarak sekitar 2,3 kilometer. Aksi long march itu, juga diiringi barisan Paskibraka dan barisan marching band. Rombongan long march , dilepas langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana dan jajaran Komisioner KPU Bali.

Ketua KPU Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara mengatakan, dalam penerimaan Kirab Bendera Pemilu 2024 di Jembrana ini, dilaksanakan sosialisasi bersama seluruh parpol dan penyelenggara badan Ad Hoc tingkat kecamatan dan desa/kelurahan se-Jembrana. Setelah penerimaan kirab ini, selama 6 hari ke depan juga akan dilaksanakan sosialisasi di seluruh kecamatan se-Jembrana. “Setelah itu, diserahkan estafet Kirab Bendera Pemilu 2024 dari KPU Jembrana ke KPU Banyuwangi, Jawa Timur. Selama 6 hari ke depan kita akan laksanakan sosialisasi di setiap kecamatan. Kirab di Jembrana ini akan menjadi yang terakhir di Bali,” tegas Tangkas Sudiantara, seraya menyebutkan akan serahkan Bendara Kirab ke KPU Banyuwangi pada 5 September mendatang.

Tangkas Sudiantara menambahkan, untuk kirab hari kedua di Jembrana, Kamis (31/8) hari ini, akan dilaksanakan di Kecamatan Pekutatan, tepatnya di Desa Asah Duren dengan mengundang sekitar 120 orang tokoh masyarakat dan tokoh agama. Kemudian hari ketiga pada Jumat (1/9) besok, akan dilanjutkan ke Kecamatan Mendoyo, tepatnya di Pelataran Rambut Siwi, Desa Yehembang, dengan melibatkan kalangan pemilih pemula.

"Di hari ketiga, kita juga akan laksanakan penanaman pohon cemara dan bersih-bersih di seputaran Pantai Rambut Siwi. Kemudian hari keempat di Kecamatan Jembrana, kita adakan di Perancak dengan sasaran sekitar 160 orang disabilitas sekaligus penyerahan bantuan kepada disabilitas," ucap Tangkas Sudiantara.

Selanjutnya di hari kelima pada Minggu (3/9) mendatang akan dilaksanakan di GKBK Jembrana dengan melibatkan para pemilih perempuan yang juga akan dirangkaikan senam bersama. Terakhir di hari keenam pada Senin (4/9) mendatang, dilaksanakan kirab di Kecamatan Melaya yang dipusatkan di Taman Patung Siwa, Kelurahan Gilimanuk, dengan melibatkan komunitas pedagang, parpol, tokoh masyarakat dengan target peserta sebanyak 500 orang. 

Sementara Bupati Tamba mengatakan, momentum Pemilu 2024 ini akan menjadi momen yang istimewa bagi seluruh lapisan masyarakat. Karena pemilu ini menjadi sarana bagi rakyat untuk memilih dan menyatakan pendapat mereka terhadap para wakil rakyat ataupun calon pemimpin Negara ini. "Selain itu, momentum Pemilu 2024 ini akan menjadi wujud partisipasi dalam bernegara. Sehingga turut serta dalam menentukan haluan Negara. Masyarakat tentunya memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam melihat dan menilai siapa yang mencalonkan diri dalam Pemilu 2024," kata Bupati Tamba

Melalui Kirab Pemilu ini, Bupati Tamba berharap akan terwujud sinergitas antara stakeholder terkait guna mendukung suksesnya Pemilu 2024. "Saya apresiasi kegiatan Kirab Pemilu 2024 ini, karena merupakan ajang sosialisasi, koordinasi dan konsolidasi untuk pemersatu bangsa," ujar politisi senior Partai Demokrat ini. ode

Komentar