nusabali

Terdaftar di Sipol Bisa Daftar Jadi Panwascam

Dibuktikan dengan Surat Pernyataan Bukan Anggota Parpol

  • www.nusabali.com-terdaftar-di-sipol-bisa-daftar-jadi-panwascam

AMLAPURA, NusaBali - Syarat menjadi Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2024 ada sedikit kelonggaran. Salah satunya persyaratan bukan sebagai anggota partai politik. 

Meskipun terdaftar dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) seseorang dapat melamar Panwascam dengan syarat menunjukkan surat pernyataan bahwa tidak sebagai anggota parpol yang dikuatkan dengan surat dari parpol bersangkutan.

“Ya, pelamar yang masuk Sipol masih bisa kami terima sebagi peserta seleksi Panwascam, asalkan melengkapi surat pernyataan tidak sebagai anggota parpol dan dikuatkan surat pernyataan dari parpol bersangkutan,” ujar Anggota/Divisi Sumber Daya Manusia dan Diklat Bawaslu Karangasem, I Gede Ari Ardana Putra di ruang kerjanya, Jalan Teuku Umar, Karangasem, Jumat (3/5).

Kata dia, saat ini pelamar dipermudah, walau namanya masuk dalam Sipol. Sebab, jika menunggu untuk penghapusan nama  pelamar dalam Sipol, waktunya cukup lama memerlukan waktu hingga 5 tahun. “Makanya cukup dengan surat pernyataan dan dikuatkan parpol bersangkutan,” ujar Ari Ardana.

Sementara untuk rekrutmen calon Anggota Panwascam di Kabupaten Karangasem kali ini, perekrutan akan dilakukan terbatas. Rinciannya, dari 8 kecamatan yang ada, sebanyak 3 orang direkrut di Kecamatan Selat, 1 orang di Kecamatan Abang dan 1 orang di Kecamatan Sidemen. 

Sebab, kata Ari Ardana, berdasarkan evaluasi dari Bawaslu RI, menggunakan portofolio dan google form, seluruh Anggota Panwascam Kecamatan Selat dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan bertugas, sehingga perlu direkrut ulang. Sedangkan 1 orang dari Kecamatan Abang perlu direkrut ulang karena yang bersangkutan mengundurkan diri. Sementara 1 orang dari Kecamatan Sidemen, karena satu anggota sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil evaluasi.

“Hasil evaluasi dari Bawaslu RI, sudah saya klarifikasi ke yang bersangkutan, itu penilaian dari Bawaslu RI, saya tidak bisa menjelaskan secara detail,” kata Ari Ardana.k16

Jadwal Rekrutmen Panwascam :
- Pendaftaran Calon Anggota Panwascam 5-7 Mei 2024
- Tes Tulis 13-14 Mei 2024
- Pengumuman Hasil Tes Tulis 17 Mei 2024
- Wawancara 18-20 Mei 2024
- Pengumuman peserta yang lolos 23 Mei 2024 
- Pelantikan 24-25 Mei 2024

Komentar