nusabali

Bali United Masuk Grup Kuat, Teco Yakin Mampu Bersaing

  • www.nusabali.com-bali-united-masuk-grup-kuat-teco-yakin-mampu-bersaing

GIANYAR, NusaBali - Pelatih kepala Bali United Allesandro Stefano ‘Teco’ Cugurra Rodriguez mengakui tim Bali United tergabung dalam grup kuat, yakni Grup G Zona ASEAN AFC Cup 2023/2024.

Ya, Skuad Serdadu Tridatu satu grup dengan wakil Malaysia Terengganu FC, wakil Filipina Stallion Laguna FC, dan wakil Australia Central Coast Mariners. Meski demikian, Teco tetap yakin dan optimistis menatap persaingan ketat fase grup. 

Teco pun menilai ketiga calon lawan dalam Kompetisi Asia musim ini memiliki kualitas di masing-masing negaranya. Mereka tentunyajuga siap beradu di kompetisi setingkat lebih tinggi di Asia.

“Menurut saya ini grup paling kuat (di Zona Asean) karena semua tim memiliki kualitas dan bagus dari kompetisi negara mereka masing-masing,” kata Teco, Jumat (25/8). 

Selain Grup G, terdapat dua grup lain yang termasuk Zona ASEAN, yaitu Grup F dan Grup H. Wakil klub Indonesia lainnya, PSM Makassar tergabung ke dalam grup H bersama Haiphong FC (Vietnam), Hougang United (Singapura) dan Sabah FC (Malaysia). Sedangkan Grup F terdapat Dynamic Herb Cebu FC (Filipina), Macarthur FC (Australia), Shan United (Myanmar) dan Phnom Penh Crown FC (Kamboja).  

Juara grup dan runner up terbaik dari ketiga grup ini akan melaju ke fase berikutnya. Menurut Teco, kompetisi fase grup akan dimulai pada 18 September - 14 Desember 2023 dengan sistem kandang dan tandang. Situasi ini membuat Teco optimistis dalam persaingan fase grup dengan memainkan enam laga yang menarik.

“Biasanya di AFC Cup selalu bermain dengan sistem kandang dan tandang. Situasi ini bagus saat kembali normal dan semua tim punya peluang yang sama dapat lolos ke fase berikutnya,” kata Teco. 

Bali United sendiri akan menghadapi tiga wakil dari tiga negara dengan perbedaan komposisi dan kualitas ketiga lawan. Sebelumnya, ketiga calon lawan Bali United memiliki hasil cukup baik di liga domestiknya.

Stallion Laguna FC adalah peringkat ketiga Liga Filipina musim lalu di bawah Kaya FC dan Dynamic Herb Cebu FC. 

Wakil Malaysia yaitu Terengganu FC adalah runner up musim lalu Liga Super Malaysia di bawah sang juara Johor Darul Takzim FC. Sedangkan wakil Australia, Central Coast Mariners musim lalu jadi runner up A-League Men di bawah Melbourne City FC. dek

Komentar