nusabali

Arsenal-Fulham, Ujian Kecerdasan Mikel Arteta

  • www.nusabali.com-arsenal-fulham-ujian-kecerdasan-mikel-arteta

LONDON, NusaBali - Arsenal ditantang Fulham dalam laga pekan ke-3 Premier League 2023/2024, di Emirates Stadium, London, Sabtu (26/8), pukul 22:00 WITA. Laga tersebut akan kembali menjadi ujian bagi pelatih Arsenal Mikel Arteta, yang dijuluki ‘Pep Guardiola kemasan mini’.

Ya, Arsenal sudah melalui dua laga pertamanya dengan dua kemenangan. Juara Community Shield 2023 itu menaklukkan Nottingham Forest 2-1 di Emirates Stadium, lalu menang 1-0 di kandang Crystal Palace. Eddie Nketiah dan Bukayo Saka membobol gawang Forest, lalu Martin Odegaard menjebol gawang Palace lewat titik putih.

Sedangkan Fulham menang sekali dan kalah sekali. Usai menundukkan tuan rumah Everton 1-0 melalui gol Bobby De Cordova-Reid, mereka dipermak sang tamu Brentford tiga gol tanpa balas.

Arsenal dan Fulham sama-sama kehilangan satu pemain yang kena kartu merah pada pekan kedua. Arsenal kehilangan bek Takehiro Tomiyasu, sedangkan Fulham kehilangan gelandang bertahan Tim Ream.

Sementara itu, legenda Arsenal Thierry Henry memuji manajer Mikel Arteta atas kecerdasan taktisnya. Henry, yang kini menangani Prancis U-21, membandingkan Arteta dengan pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Arteta sendiri pernah bekerja dengan Guardiola di ManCity sebagai asisten. 

"Dia seperti Pep mini! Saya senang, Anda tahu, tetapi saya tidak akan mengatakan dia tidak seperti itu, dia memang bahagia," kata Henry kepada Seaman Says.

“Ketika saya mengatakan dia adalah Pep mini, bisa dikatakan dia akan memasukkan sausnya sendiri ke dalamnya, seperti yang dilihat. Dia berbeda dalam beberapa hal, tapi taktiknya hampir sama," kata Henry.

Di Liga Inggris musim lalu, Arsenal gagal menjegal Man City untuk menjadi juara. Tapi, Henry memiliki keyakinan untuk musim ini. Membangun sebuah tim, Arteta tentu membutuhkan waktu. Ditambah lagi pembelian bagus musim ini, termasuk Declan Rice, The Gunners diyakini akan melangkah lebih jauh.

"Sikapnya, sikapnya, cara dia berbicara dengan sangat baik kepada pers. Saya suka sikapnya, sikapnya, sikapnya sebagai pelatih, cara mereka memercayainya," kata Henry.
Konsistensi jadi PR Arsenal musim lalu. Hasil-hasil minor yang seharusnya tidak perlu terjadi malah terjadi. Imbasnya, posisi puncak dalam genggaman selama berbulan-bulan lepas karena kalah konsisten dengan Man City.

Arteta menyadari hal tersebut, dan manajemen Arsenal mendukung segala bentuk langkah nyata manajer asal Spanyol itu. Kucuran dana melimpah sudah diberikan. Declan Rice, Kai Havertz, hingga Jurrien Timber pun didatangkan atas permintaan Arteta. *

Prediksi Starting XI
Arsenal (4-3-3): Ramsdale; Zinchenko, Saliba, White, Partey; Havertz, Rice, Odegaard; Martinelli, Nketiah, Saka. Pelatih: Mikel Arteta.
Fulham (4-2-3-1): Leno; Robinson, Bassey, Diop, Tete; Reed, Lukic; Cordova-Reid, Pereira, Harry Wilson; Jimenez. Pelatih: Marco Silva.

Lima Laga Terakhir
12-03-2023 Fulham 0-3 Arsenal (EPL)
27-08-2022 Arsenal 2-1 Fulham (EPL)
18-04-2021 Arsenal 1-1 Fulham (EPL)
12-09-2020 Fulham 0-3 Arsenal (EPL)
01-01-2019 Arsenal 4-1 Fulham (EPL).

Komentar