nusabali

Sayu Bella Akan Turun di Kejurnas

  • www.nusabali.com-sayu-bella-akan-turun-di-kejurnas

JAKARTA, NusaBali - Atlet balap sepeda MTB asal Bali, Sayu Bella Sukma Dewi siap berlaga dalam ajang Kejurnas, di Palembang, Sumatera Selatan, pada 21-27 Agustus 2023. Peraih medali emas di MTB-Cross Country Olympic (XCO) putri SEA Games 2023 Kamboja tersebut membela Pulau Dewata. Dia akan bersaing dengan atlet Pelatnas lainnya.

"Sebelum ke Kejurnas, kami mengembalikan dulu ke provinsi masing-masing. Di bagian putri, ada yang membela Bali, Sumatera Utara (Sumut) dan Jawa Timur (Jatim)," ujar pelatih Timnas MTB, Dwi Kurniawan, Kamis (21/8). 

Dari Bali Sayu, dari Sumut Dara Latifah dan dari Jatim Dela Anjar Wulan. Mereka sudah berangkat dari Yogyakarta ke Palembang, Minggu (20/8). Namun sebelum berangkat, mereka juga menjalani latihan bersama. Di Kejurnas, mereka akan berlomba dan bersaing pula. Meski latihan bersama di Pelatnas, mereka tetap profesional saat turun di Kejurnas.
Sebab, di Kejurnas mereka membawa nama daerah masing-masing.

Selain itu, Kejurnas juga ajang Pra PON. Sebagai pelatih Pelatnas, Dwi Kurniawan akan memantau penampilan anak asuhnya. Dia juga memberi masukan untuk menjaga kondisi dan tidak cedera. Pasalnya, sekitar tiga minggu lagi mereka akan terjun di Asian Games 2023 Hangzhou, China. 

“Kejurnas  juga digunakan untuk uji coba sebelum bertanding di Asian Games 2023. Sebab lima dari enam atlet Pelatnas belum pernaj uji coba,” kata Dwi Kurniawan.

Hanya Zaenal Fanani saja yang sudah try out di Kejuaraan Dunia pada 3-13 Agustus 2023 di Glasgow, Skotlandia, Inggris Raya. Di sana, Fanani berada di peringkat 80 dari 99 peserta. Dwi juga menjelaskan, pesaing Fanani di Kejuaraan Dunia cukup kuat dan sudah level dunia, sehingga masih jauh kemampuannya.

Sementara di Kejurnas nanti, keenam atlet Pelatnas yang turun adalah Zaenal Fanani, Feri Yudoyono, Ihza Muhammad, Dela Anjar Wulan, Dara Latifah dan Sayu Bella. Mereka diharapkan menjadi juara. 

"Wajib bagi mereka untuk menjadi yang terbaik di Indonesia. Mereka harus berada terdepan dari atlet lainnya," kata Dwi Kurniawan.

Di bagian putri sendiri, selama latihan Sayu Bella menempati posisi pertama, lalu diikuti Dara dari Sumut dan Dela dari Jatim. Usai Kejurnas, para atlet kembali ke Pelatnas di Yogyakarta. Selanjutnya ke Asian Games 2023 Hangzhou, China, pada 17 September 2023.  k22

Komentar