nusabali

Komang Kisid Kembali Pimpin PSAK Karangasem

  • www.nusabali.com-komang-kisid-kembali-pimpin-psak-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - Lokasabha PSAK (Pretisentana Sire Arya Kanuruhan) Karangasem kembali menetapkan I Komang Kisid sebagai ketua untuk periode ke-3. Utusan Loka Sabha PSAK dari delapan kecamatan sepakat mengukuhkan Kisid secara aklamasi.

Hal itu terungkap dalam Loka Sabha PSAK Karangasem di Tempek Bangkak, Banjar Mumbul, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Minggu (20/8).

Loka Sabha PSAK di bawah koordinasi Wakil Ketua II PSAK Karangasem I Ketut Seken. Turut menyaksikan,  Ketua PSAK Pusat I Wayan Geredeg berlangsung singkat. Sebab, sebelumnya telah menggelar pra Loka Sabha PSAK Karangasem, Senin (31/7). Lokasabha kali ini hanya menyusun kepengurusan.

Tercatat Kisid sebagai Ketua PSAK Karangasem sejak Loka Sabha PSAK I, tahun 2013, berarti telah tiga periode pimpin PSAK Karangasem masa bhakti 2013-2018, 2018-2023, dan 2023-2028.

Hanya kepengurusannya yang berganti-ganti, sedangkan Ketua PSAK Karangasem tetap I Komang Kisid. Alasan dari utusan dari delapan kecamatan menaruh kepercayaan, selama ini dedikasi, loyalitas dan semangat ngayah kepada semeton Arya Kanuruhan sangat tinggi.

Bahkan telah mampu mempersatukan semeton Arya Kanuruhan melalui upacara ngaben dan ngeroras massal sejak tahun 2000. “Kami ini kan ngayah, melayani umat sedharma, internal semeton PSAK Karangasem. Salah satu implementasinya, melaksanakan upacara ngaben dan ngeroras massal secara rutin setiap 5 tahun sekali,” jelas I Komang Kisid.

Di samping itu juga, katanya, mengajak semeton PSAK Karangasem suntuk ngayah di Pura Pedharman Arya Kanuruhan Besakih, mulai dari membangun pura hingga pelaksanaan aci setiap setahun sekali. Sebab, program itu paling nyata dan sangat bermanfaat untuk umat sedharma. Dengan harapan, diberkati anugerah keselamatan lahir dan bathin oleh Ida Bhatara.

Program berikutnya, melakukan konsolidasi ke PSAK Tingkat Kecamatan di delapan kecamatan se-Karangasem. Sehingga secara organisasi tetap solid, dan pasemetonan PSAK tetap bersatu, melaksanakan program ngayah.

Sekretaris PSAK Karangasem I Nyoman Sepel Dyantara juga mengatakan selain memberdayakan umat sedharma melalui ngaben dan ngeroras massal, PSAK juga mendata dadia yang ada di Kabupaten Karangasem. Tujuannya, untuk memudahkan koordinasi, jika di kemudian hari kembali menggelar upacara ngaben dan ngeroras massal, seperti terakhir terlaksana tahun 2023.

“Nanti pengurus PSAK Karangasem yang baru majaya-jaya di Banjar Mumbul, Desa Jungutan, Redite Kliwon Pujut, Minggu (27/8),” jelas Sepel.

Kepengurusan di bawah kepemimpinan I Komang Kisid, didukung Sekretaris I Nyoman Sepel Dyantara, Bendahara I Ketut Suba, dan ketua seksi.7k16

Komentar