nusabali

Mundur dari Posisi Ketua KPU, Pujawan Jadi Anggota Bawaslu Bangli

Hari Ini Rencana Rapat Pleno Pilih Ketua

  • www.nusabali.com-mundur-dari-posisi-ketua-kpu-pujawan-jadi-anggota-bawaslu-bangli

BANGLI, NusaBali - Tiga anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangli periode 2023–2028 dilantik di Jakarta pada Sabtu (19/8). Salah seorang di antaranya adalah Putu Gede Pertama Pujawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua KPU Bangli. Di sisi lain dalam seleksi tersebut seorang incumbent gagal.

Seperti diketahui anggota Bawaslu Bangli periode 2018–2023 adalah I Nengah Purna, Nengah Mudana Atmaja, dan I Nengah Muliarta. Nengah Purna mengatakan dirinya bersama dua incumbent lainnya mengikuti seleksi anggota Bawaslu Bangli periode 2023–2028. Selain itu ada juga beberapa peserta lainnya. Kemudian dari proses tersebut satu incumbent tidak lolos di tiga besar.

“Pak Mudana (Nengah Mudana Atmaja) tidak lolos. Kami yang dinyatakan lolos, dilantik hari ini (Sabtu kemarin),” ucap Nengah Purna.

Dikatakannya, setelah pelantikan akan diagendakan rapat pleno untuk menentukan atau memilih Ketua Bawaslu Bangli. Anggota Bawaslu asal Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, ini menyebutkan rapat pleno direncanakan berlangsung pada Minggu (20/8) hari ini.

Sementara itu, Putu Gede Pertama Pujawan mengatakan dirinya telah mengajukan pengunduran diri sebagai Ketua KPU Bangli. Putu Pujawan yang merupakan pendatang baru di jajaran Bawaslu ini mengaku bersyukur, kerena dipercaya untuk tetap menjadi penyelenggara pemilu.

Menurut Putu Pujawan, tugas besar telah menanti untuk penyelenggaraan Pemilu 2024. “Pemilu 2024 berbeda dengan Pemilu 2019. Selain keserentakan pemilu, dalam waktu bersamaan juga dilaksanakan pilkada serentak, baik gubernur dan bupati/walikota,” kata pria asal Banjar Tegal, Kelurahan Bebalang, Kecamatan/Kabupaten Bangli, ini.

Ditambahkannya, perlu strategi, komitmen yang terukur sebagai penyelenggara pemilu dalam menjaga hak konstitusi masyarakat. 7 esa

Komentar