nusabali

Walikota Jaya Negara Pimpin Apel Peringatan HUT ke-78 RI di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-pimpin-apel-peringatan-hut-ke-78-ri-di-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Meski berada dalam suasana gerimis hujan, Apel Bendera Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia berlangsung khidmat di Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bertindak sebagai Inspektur Upacara yang digelar di Lapangan Lumintang Denpasar, Rabu (17/8).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, AA Ketut Asmara Putra, Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas, Kajari Denpasar, Rudy Hartono, Kepala Staf Kodim 1611/Badung Letkol Inf. Pedro Soares Sarmento serta Perwakilan Pengadilan Negeri Denpasar.  

Tampak pula Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wirdana, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Gatriawara Kota Denpasar, Ny Purnawati Ngurah Gede, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana, Jajaran Anggota DPRD Kota Denpasar, Legiun Veteran, FKUB, serta OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Sebelum memasuki acara utama, seluruh peserta apel dihibur dengan penampilan Paduan Suara Gita Nayara Pemerintah Kota Denpasar dan Korsik Gema Vasudhaiva Kutumbakam Kota Denpasar yang membawakan beragam lagu-lagu wajib nasional. Rangkaian peringatan detik-detik Proklamasi di Kota Denpasar berlangsung sebagaimana umumnya. Diawali suara sirene serentak, Teks  Proklamasi Kemerdekaan dibacakan Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih oleh Paskibraka Kota Denpasar.

Usai pelaksanaan Apel, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara turut menyerahkan Penghargaan kepada Kapolresta Denpasar, Kombes. Pol Bambang Yugo Pamungkas, atas komitmen serta dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Kota Denpasar melalui Aplikasi Polisi Banjar Hebat. Selain itu juga turut diserahkan Dokumen Putusan dan Akta Pencatatan Sipil bagi Penerima Layanan Bantuan Hukum Masyarakat Miskin.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan momentum untuk mengimplementasikan spirit kebersamaan serta Vasudhaiva Khutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara. Hal ini menjadi kunci dalam merealisasikan tema besar yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam HUT ke-78 RI tahun 2023 ini, sejatinya ada beberapa hal penting yang diamanatkan Presiden Joko Widodo. Hal ini utamanya tentang estafet dan keberlanjutan pembangunan yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

"Tema ini hendaknya diimplementasikan dengan membangun sinergitas lintas sektor bersama stakeholder di Kota Denpasar sehingga mampu menciptakan pembangunan berkelanjutan yang memberikan kemanfaatan optimal bagi masyarakat luas," ujar Jaya Negara.

Jaya Negara mengaku bersyukur rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Kota Denpasar berlangsung khidmat dan lancar. Hal ini tak lepas dari komitmen semua pihak, terutama perangkat apel dan peserta apel yang tetap berdiri tegak meski diguyur hujan.

“Yang pertama patut kita syukuri, dimana kita bisa melaksanakan upacara ini dengan lancar dan khidmat, kedua yang patut kita syukuri adalah pemerintahan secara nasional telah berjalan dengan baik, hal itu dapat kita lihat dari angka inflasi yang terus menurun dan pertumbuhhan ekonomi bangsa terus meningkat,” ujar Jaya Negara.

Dalam kesempatan yang baik ini, Jaya Negara mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momentum HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia ini menjadi ajang untuk meningkatkan optimisme dengan bersatu dan bersinergi. Hal ini utamanya untuk bersama mewujudkan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju dengan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam," ujar Jaya Negara.

“Ijinkan kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar mengucapkan terimakasih kepada bapak Presiden Joko Widodo yang telah melaksanakan dan mengemban tugas negara dengan baik dan capaian pembangunan telah dirasakan oleh masyarakat luas, Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” ujarnya.

Usai Apel Pengibaran Bendera serangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, juga turut dilaksanakan Apel Penurunan Bendera. Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bertindak sebagai Inspektur Upacara yang digelar di Lapangan Lumintang Denpasar, Rabu (17/8) sore.@mis

Komentar