nusabali

ST Banjar Pangi Bentangkan Bendera Merah Putih Ratusan Meter

  • www.nusabali.com-st-banjar-pangi-bentangkan-bendera-merah-putih-ratusan-meter

SEMARAPURA, NusaBali - Sekaa Truna (ST) Yowana Putra Sesana Banjar Pangi, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung bentangkan bendera merah putih sepanjang 400 meter di atas jalan raya desa setempat, Minggu (13/8).

Ketua ST Yowana Putra, I Komang Libiya Okta Parandita mengatakan pengerjaan pemasangan bendera dimulai dari pagi pukul 08.00 Wita dengan memasang bambu berbentuk kotak seperti gawang, dilanjutkan pemasangan awal bendera sepanjang 225 meter oleh para pemuda dibantu warga. "Itu baru setengahnya terpasang total bendera yang dipasang sepanjang 400 meter," ujar Parandita.

Bendera yang dipasang ini tidak dibeli langsung jadi, namun hanya kain merah dan putih yang dijahit langsung oleh warga Banjar Pangi yang bekerja sebagai tukang jahit. “Kami hanya membeli kain saja untuk mengurangi pengeluaran dana," ujarnya. Biaya untuk persiapan menyambut hari kemerdekaan RI sekitar Rp 13 juta dari dana pemuda, dan sumbangan masyarakat secara sukarela.

Penasihat Pemuda, I Nengah Ariya Wijaya, mengatakan pemasangan bendera ini adalah semangat para pemuda, ST Yowana Putra Sesana, Banjar Pangi, yang setiap tahunnya menyambut 17 Agustus dengan sangat meriah dengan memasang bendera dan mengadakan lomba-lomba.

Namun, tahun ini para pemuda membuat gebrakan baru dengan memasang bendera sepanjang 400 meter. Semangat pemuda juga dimotivasi dari adanya tugu pahlawan, perjuangan para veteran dari Banjar Pangi pada saat berperang melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan. “Tugu pahlawan juga menjadi pemicu semangat untuk memeriahkan hari kemerdekaan letak tugu tersebut di pertigaan Desa Adat Pikat,” ujarnya. 7 wan

Komentar