nusabali

Atlet MTB Ikuti Kejuaraan Dunia

  • www.nusabali.com-atlet-mtb-ikuti-kejuaraan-dunia

JAKARTA, NusaBali - Atlet Pelatnas balap sepeda MTB dikirim ke Kejuaraan Dunia yang berlangsung 3-13 Agustus 2023 di Glasgow, Skotlandia, Inggris Raya.

Menurut Pelatih Timnas MTB, Dwi Kurniawan, hanya satu orang yang dikirim ke sana yakni Zaenal Fanani. Sedangkan lima atlet lainnya masih menjalani latihan di Pelatnas di Yogyakarta, termasuk atlet asal Bali, Sayu Bella Sukma Dewi.

"Sayu masih latihan di Pelatnas bersama dengan atlet lainnya. Sementara yang dikirim ke Kejuaraan Dunia hanya satu orang, Fanani," ujar Dwi Kurniawan, Rabu (9/8). 

Dwi akan mendampingin Zaenal Fanani di Kejuaraan Dunia. Mereka berangkat ke Inggris pada Selasa (8/8). Tiba di lokasi Rabu (9/8) dinihari Wita. Karena itu, mereka belum menjajal lokasi pertandingan. Zaenal Fanani diagendakan uji coba lapangan pada Kamis (10/8) dan bertanding pada Sabtu (12/8), yakni turun di kategori MTB-Cross Country Olympic (XCO). 

Lawan-lawan yang dihadapi Zainal cukup kuat. Karena para juara dunia di kelas tersebut ambil bagian. Antara lain dari Brasil dan negara-negara di Eropa seperti Jerman. Sedangkan Kejuaraan Dunia diharapkan jadi ajang pemanasan Zaenal sebelum berlaga di Asian Games pada 23 September-8 Oktober 2023 di Hangzhou, China. 

Untuk itu, Zaenal Fanani tidak terlalu ditargetkan mendapatkan medali. Apalagi, Kejuaraan Dunia tolak ukurnya jauh. Melalui kejuaraan itu, Zaenal Fanani diharapkan bisa belajar dari pembalap dunia sehingga kemampuannya kelak dapat diaplikasikan kepada junior maupun atlet Pelatnas lainnya.

Sedangkan atlet Pelatnas MTB lainnya yang tidak berlaga di Kejuaraan Dunia tetap menjalani latihan di Pelatnas. Pasalnya, mereka akan mengikuti Kejurnas pada 23-27 Agustus 2023 di Palembang, Sumatera Selatan. "Sayu juga akan mengikuti Kejurnas, karena itu merupakan ajang Pra PON," kata Kurniawan Dwi.  k22

Komentar