nusabali

Tanpa Nuwek Bagia Pulakerti

Nyineb Karya di Pura Taman Tanjung

  • www.nusabali.com-tanpa-nuwek-bagia-pulakerti

AMLAPURA, NusaBali - Nyineb Karya Mamungkah lan Nubung Daging di Pura Taman Tanjung, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Anggara Umanis Kuningan, Selasa (8/8), tanpa diakhiri dengan upacara Nuwek Bagia Pulakerti. Karena upacara tersebut bukan Karya Panyegjeg Agung.

Hal itu ditegaskan Panglingsir Pangempon Pura Taman Tanjung, Ida Pedanda Gede Karang Kerta Nustana, dari Griya Buddha Sukayasa Tegal Manggis, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling.  

“Tetap ada Banten Bagia Pulakerti, hanya saja tidak ada upacara Nuwek Bagia Pulakerti. Bagia Pulakerti langsung kami pendem (tanam)," jelas Ida Pedanda Gede Karang Kerta Nustana.

Ida Pedanda Gede Karang Kerta Nustana menambahkan, mendem Bagia Pulakerti bermakna sangat penting untuk menanam kebahagiaan. Dengan itu, nantinya tumbuh benih-benih pikiran yang baik agar tumbuh menjadi benih kebaikan untuk dimohon kembali di kemudian hari dan berguna untuk kesejahteraan umat sedharma.

Bagia Pulakerti merupakan intisasi dari semua banten Karya Mamungkah lan Nubung Daging. “Mendem Bagia Pulakerti untuk menanamkan perbuatan kasucian, pertanda telah menggelar seluruh rangkaian Karya Mamungkah lan Nubung Daging secara lascarya,” tambahnya.


Terakhir menggelar upacara Nuwek Bagia Pulakerti saat Karya Mamungkah lan Nubung Daging tahun 1993.

Selama rangkaian Kara Mamungkah lan Nubung Daging di Pura Taman Tanjung, lanjut Ida pedanda Gede Karang Kerta Nustana, tidak menemui kendala secara teknis. Termasuk saat memerlukan beragam jenis wewalungan (hewan). “Semua wewalungan yang kami butuhkan, ada yang ngaturang sehingga tidak sulit mendapatkannya,” tambah mantan Bendesa Adat Budakeling 1993-2023, semasih walaka bernama Ida Nyoman Jelantik Oyo.

Upacara Nyineb, dipuput Ida Pedanda Gede Wayan Darma dari Griya Wanasari, Banjar Wanasari, Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen, Ida Pedanda Gede Made Padang dari Griya Padang, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling dan Ida Pedanda Gede Putra Datah dari Griya Adi Dukuh, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling.

Puncak Karya Mamungkah lan Nubung Daging di linggih Ida Bhatara Danghyang Astapaka telah  dilaksanakan pada Wraspati Wage Sungsang, Kamis (27/7). Sedangkan upacara Rsi Bojana Lan Nangun Ayu Makebat Daun pada Anggara Wage Dunggulan, Selasa (1/8), dan Ngantukang Bhatara Tirtha Redite Wage Kuningan, Minggu (6/8).

Prawartaka Karya Ida Made Alit mengatakan, pentingnya menggelar upacara Rsi Bojana usai puncak karya, sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh sulinggih yang secara langsung menyukseskan seluruh rangkaian upacara. “Makanya ada upacara Rsi Bojana dan saat Nyineb ada upacara Mendem Bagia Pulakerti,” jelas Ida Made Alit.7k16

Komentar