nusabali

Kwaran Abang Gelar Lomba KSC Pramuka

  • www.nusabali.com-kwaran-abang-gelar-lomba-ksc-pramuka
  • www.nusabali.com-kwaran-abang-gelar-lomba-ksc-pramuka

AMLAPURA, NusaBali - Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka, Kecamatan Abang, Karangasem, menggelar Lomba KSC (Karangasem Scout Competition) se-Kwaran Kecamatan Abang tahun 2023. Pesertanya, tingkat siaga, penggalang, dan penegak, dalam lomba berbentuk luring.

Namun, peserta lomba mengirim hasil karya dalam video, lanjut diberikan penilaian. Ketua Panitia Ida Wayan Sugata memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Sekretariat Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Abang, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Senin (7/8).

Ida Wayan Sugata menambahkan, untuk tingkat siaga atau SD, melombakan kreasi permainan siaga, tingkat penggalang atau SMP melombakan senam semaphore dan tingkat penegak atau SMA-SMK melombakan reportase kegiatan. “Semua peserta memvideokan materi lomba selanjutnya mereka setor ke panitia, penilaiannya, Rabu (9/8),” jelasnya.

Dia menambahkan, lomba senam semaphore secara beregu. Kriteria lomba yakni tiap regu beranggota 6 – 8 orang, peserta boleh gunakan seragam lapangan, video sekitar 8 menit, video bisa ada pengiring lagu, peserta mengirimkan pesan sesuai tema kegiatan. Kriteria lainnya, kerapian, kekompakan, keserasian antara gerakan dengan musik, variasi atau formasi.

Lomba untuk Pramuka Siaga, ketentuannya peserta satu barung Pramuka Siaga putra dan putri, juga dengan mengirim video durasi 4 - 7 menit. Penilaiannya, ketepatan waktu, original, kreativitas, nilai karakter dan penampilan. Kwaran Kecamatan Abang belum menetapkan Dewan Juri KSC Kecamatan Abang.

Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMPN 6 Abang I Putu Setia Budi memaparkan, telah menyiapkan dua regu, putra dan putri di nomor lomba senam semaphore tingkat penggalang. “Secara teknis kami telah siap ikut lomba, bertekad mewakili Kwaran Kecamatan Abang untuk berlomba di Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem. Itu artinya kami berupaya menjadi yang terbaik,” jelas Putu Setia Budi.

Jelasnya, hanya juara I putra dan putri berhak mewakili Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Abang, ke KSC Kabupaten Karangasem. Lomba tersebut dilaksanakan serangkaian menyongsong HUT ke-62 Pramuka, puncaknya 14 Agustus 2023.

Kamabigus SMPN 2 Abang I Wayan Sarya juga mengaku tidak kalah bersemangatnya untuk memenangkan lomba tingkat penggalang. “Ada 8 pangkalan tingkat penggalang di Kecamatan Abang, kami bertekad menjadi yang terbaik, karena telah optimal berlatih,” jelas I Wayan Sarya. Nantinya, jelas dia, peraih juara dalam Lomba Tingkat Penggalang, mewakili Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Abang ke lomba KSC Kwarcab Karangasem, 13 Agustus mendatang.7k16

Komentar