nusabali

Kampanyekan Kebersihan Sungai Lewat Lomba Mancing

  • www.nusabali.com-kampanyekan-kebersihan-sungai-lewat-lomba-mancing

MANGUPURA, NusaBali - Ratusan orang mengikuti lomba mancing di aliran sungai Jabe Pura Kahyangan Jagat Dalem Solo, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Minggu (6/8).

Lomba yang digagas Kelompok Sari Buana Mertha Desa Sedang bertujuan untuk memantik kesadaran menjaga kebersihan sungai.

Ketua Kelompok Sari Buana Mertha Putu Wijaya, mengatakan lomba mancing ikan air deras ini diikuti oleh 400 pemancing. Turut juga dihadiri oleh Camat Abiansemal, Bendesa Adat Sedang, dan perangkat desa lainnya. Lomba yang digelar merupakan upaya untuk mensosialisasikan secara terbuka tentang pentingnya kesadaran untuk menjaga lingkungan sejak dini.

“Dengan lomba mancing ini kami berharap kebersihan sungai terjaga. Sebab, jika tidak dimunculkan kesadaran sejak dini untuk menjaga lingkungan sungai bersih, maka selamanya sungai akan kotor oleh sampah,” ujar Wijaya.

Kesadaran pemeliharaan lingkungan di aliran sungai juga memiliki peran penting dalam mengurangi masalah-masalah lingkungan seperti banjir akibat timbunan sampah. Dengan kesadaran bersama, tentunya diharapkan kebersihan sungai dapat terpelihara hingga masa mendatang dan dinikmati oleh generasi selanjutnya.

“Saat ini yang dibutuhkan adalah kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan sungai. Jadi kami berharap setelah lomba ini, warga saling mengingatkan untuk tidak membuang sampah di sungai karena bisa mencemari lingkungan. Sebab air sungai juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat dalam bentuk apapun,” kata Wijaya. 7 ind

Komentar