nusabali

Setelah Sambangi 4 Kabupaten, Kirab Pemilu 2024 Tiba di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-setelah-sambangi-4-kabupaten-kirab-pemilu-2024-tiba-di-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Kirab Pemilu 2024 yang menjadi ajang sosialisasi pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang sampai di Kota Denpasar pada Minggu (6/8/2023) pagi.

Kota Denpasar menjadi daerah kelima pasca Kirab Pemilu 2024 memasuki Bali lewat Kabupaten Karangasem pada Kamis (13/7/2023) lalu. Kemudian, disusul Kabupaten Klungkung, Bangli, dan Gianyar.

Dimulainya kirab yang di-kick off di Jakarta pada 14 Februari 2023 lalu ini di Kota Denpasar ditandai dengan pelepasan parade 18 bendera partai politik peserta Pemilu 2024 yang diiringi maskot Sura-Sulu, Tari Sekar Jempiring, Tari Baris Gede, dan baleganjur.

Parade dilepas Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Denpasar IG Ngurah Gede, Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, dan Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya.

Parade bendera partai politik itu lantas mengelilingi Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi bermula dari depan Kantor KPU Denpasar di Jalan Raya Puputan yang berada di pojok tenggara lapangan.

"Kirab ini merupakan salah satu sarana sosialisasi Pemilu 2024 agar masyarakat mengetahui minimal peserta Pemilu, tahapannya, dan hari H Pemilu," tutur Arsa Jaya di sela acara.

Hal ini sangat krusial lantaran masyarakat harus menyadari bahwa Pemilu 2024 merupakan yang terbesar sepanjang sejarah bangsa. Sebab, untuk pertama kalinya Pemilu legislatif dan eksekutif dari tingkat pusat hingga daerah digelar pada tahun yang sama.

Lanjut Arsa, Kirab Pemilu 2024 di Kota Denpasar akan berlangsung hingga Minggu (13/8/2023) nanti. Selama sepekan ke depan, agenda kirab di ibukota bakal menyasar berbagai kalangan dan komunitas termasuk ranah adat dan masyarakat umum.

"Begitu masyarakat sadar untuk menyongsong pesta demokrasi, harapannya mereka turut berpartisipasi menggunakan hak pilih dan menyukseskan pemilu," imbuh Arsa.

Selanjutnya, Kirab Pemilu 2024 yang mengusung tema deklarasi 'Pemilu sebagai Integrasi Bangsa' ini akan berlanjut ke Kabupaten Badung setelah hari Minggu depan. *rat

Komentar