nusabali

Jaga Bumi, Cara Telkomsel Ikut Mendukung Pelestarian Mangrove

  • www.nusabali.com-jaga-bumi-cara-telkomsel-ikut-mendukung-pelestarian-mangrove

DENPASAR, NusaBali.com - Isu perubahan iklim terus menjadi perhatian berbagai kalangan. Karena itu Telkomsel mengambil peran memberikan edukasi terkait pengurangan dampak negatif terhadap perubahan iklim dan mengkompensasi emisi karbon yang dilakukan dalam Program Carbon Offset.

Seperti yang dilakukan pada 28-29 Juli lalu, melalui insiatif Telkomsel Jaga Bumi bersama Jejak.in, operator seluler plat merah ini mengikuti Mangrove Festival di Mangrove Information Center, Denpasar Selatan. 

Acara dengan tema ‘Mangrove Indonesia untuk Dunia’ ini akan menampilkan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah talkshow dengan tema Mangrove Indonesia untuk Dunia serta Ekowisata dan Pemanfaatan HHBK Mangrove. 

“Sebagai salah satu program CSR Telkomsel, inisiatif Telkomsel Jaga Bumi berkomitmen untuk menggerakkan perubahan di Indonesia dengan berfokus secara konsisten mengambil peran terdepan dalam menghadirkan dampak positif terhadap kelestarian bumi dan lingkungan hidup,” kata Manager CSR Environment and Ecosystem Telkomsel, Gumilar Henda Nugraha Ali. 

Pada kesempatan ini dihadirkan sesi edukasi tentang perubahan iklim, jejak karbon, dan mangrove. “Telkomsel berharap inisiatif ini sebagai langkah kolaboratif untuk membuka berbagai peluang dalam mengkompensasi emisi karbon secara inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” kata Gumilar.

Dengan membuka berbagai kolaborasi serta menghadirkan pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas teknologi digital terdepan, Telkomsel berharap dapat terus aktif menjalankan bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Carbon Offset dari Telkomsel sendiri merupakan salah satu aktivitas CSR melalui inisiatif Program Telkomsel Jaga Bumi yang berkolaborasi dengan Platform Jejak.in. 

Program yang digelar sejak Desember 2022 ini mengajak para pelanggan setia untuk ikut serta dalam enviromental movement dengan menukarkan Telkomsel Poin yang dimiliki melalui  Aplikasi MyTelkomsel dan situs www.telkomsel.co.id menjadi kontribusi yang setara dengan sebatang pohon untuk mengkompensasi emisi karbon. 

Pelanggan bisa melakukan penukaran poin melalui SMS ke 777 dengan mengetik JAGABUMI5 untuk menukarkan 50 poin (setara dengan 0.1 pohon/2.93 kg CO2e) atau JAGABUMI50 untuk menukarkan 500 poin (setara dengan 1 pohon/29.33 kg CO2e) sekaligus.

Selain Program Carbon Offset bersama Jejak.in, Telkomsel Jaga Bumi juga telah meluncurkan beberapa program yang mengintegrasikan elemen proses bisnis di Telkomsel dengan upaya pelestarian lingkungan dan bumi, seperti Program Waste Management yang berkolaborasi dengan PlusTik untuk mendaur ulang kemasan kartu perdana dan cangkang kartu SIM berbahan dasar plastik hingga menjadi produk reusable dan sustainable.

Lalu ada program Digitalization Support untuk melindungi ekosistem hutan mangrove Tahura Ngurah Rai melalui pemanfaatan teknologi Internet-of-Things (IoT) bersama dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Bali.

Selanjutnya kerja sama Telkomsel Jaga Bumi dan Volta untuk menghadirkan bundling motor listrik sebagai solusi transportasi ramah lingkungan yang hemat, efisien, dan bernilai tambah. 

"Dengan diselenggarakannya Mangrove Festival di Bali ini kami berharap dapat mengajak para pelanggan berpartisipasi bersama dengan menukarkan Telkomsel Poin yang dimiliki sejak Desember 2022 yang kemudian dikonversi menjadi pohon mangrove untuk Program Carbon Offset," tutup Gumilar.

Komentar