nusabali

Inspiratif! Di Tengah Keterbatasan Penglihatannya, Nathanael Yoga Pemenang The New L-Men of The Year 2023

  • www.nusabali.com-inspiratif-di-tengah-keterbatasan-penglihatannya-nathanael-yoga-pemenang-the-new-l-men-of-the-year-2023

JAKARTA, NusaBali.com - Bertempat di Balai Sarbini Jakarta, Sabtu (29/7/2023), dan disiarkan langsung di salah satu stasiun TV nasional, ajang pencarian health influencer, The New L-Men of the Year 2023, telah tuntas terselenggara. Hasilnya, Nathanael Yoga berhasil keluar sebagai pemenang utama.

Perwakilan Provinsi DKI Jakarta 1 ini terpilih diantara 15 Grand Finalist lainnya dan siap melangkah bersama L-Men untuk menginspirasi lebih banyak masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sehat ke depannya selama setahun ke depan.

Pernah didiagnosa amblyopia atau kelainan mata di usia anak-anak dulu, mengubah Nael menjadi pribadi yang tekun. Hingga saat ini, kondisi indera penglihatan Nael belum sepenuhnya normal, namun di tengah keterbatasan tersebut, Nael justru terdorong untuk mendalami seni gambar dan musik piano sejak kecil. 

Saat ini, Nael berkuliah di program studi Desain Komunikasi Visual Binus University. Kemampuan ini juga ia kembangkan secara langsung dengan berpartisipasi sebagai Art Director di JualLimbah.id dan Graphic Designer di Occnite. 

Dalam bidang seni musik, Nael yang mahir bermain piano aktif dalam pelayanan gereja, terpilih sebagai tim musik pertunjukan teater Pulau Elegi. Kini, konsistensi dan ketekunan Nael dalam menjalankan hidup sehat menjadikan dia sebagai Winner The New L-Men of The Year 2023.

“Keikutsertaan saya dalam ajang ini tentu menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah saya ambil. Terima kasih kepada L-Men atas kepercayaan yang diberikan untuk saya bisa mengemban tanggung jawab yang luar biasa sebagai pemenang The New L-Men of The Year 2023,” ujar Nael. 

Ia pun berharap, melalui platform ini dapat memperluas dampak positif untuk menginspirasi lebih banyak pria Indonesia agar hidup lebih sehat. 


“Kemenangan ini bukanlah akhir, namun justru menjadi langkah awal bagi saya untuk membuktikan diri bahwa saya adalah role model yang tepat. Looking for silver linings can make things a little more memorable menjadi quotes yang cukup menggambarkan perjuangan saya, di mana sejak kecil saya tidak menjadikan kekurangan saya sebagai halangan, namun justru sebagai sebuah motivasi untuk berjuang, bertumbuh, dan membuktikan bahwa saya mampu,” tegasnya.

Sementara itu Yesaya Christian, Brand Manager L-Men mengatakan sudah lebih dari 20 tahun, L-Men hadir sebagai nutrisi efektif dan terpercaya untuk menginspirasi pria dan masyarakat Indonesia hidup sehat. 

The New L-Men of The Year 2023 sendiri bukanlah ajang untuk mencari wajah paling menarik atau bentuk tubuh terbaik. 

“Sebagai ajang pencarian sosok inspirator hidup sehat, tahun ini kami juga melakukan penilaian tambahan terhadap performa fisik dan tingkat kebugaran para Grand Finalist berdasarkan pengukuran saintifik,” kata Yesaya Christian. 

Pengujian yang dilakukan bermacam-macam, mulai dari pengecekan komposisi tubuh, kebugaran kardiovaskular, uji kekuatan dan daya tahan otot, fleksibilitas, kecepatan, kegesitan, koordinasi, hingga keseimbangan. 

“The New L-Men of The Year 2023 juga merupakan bukti bahwa setiap orang, apapun profesi dan latar belakangnya, sangat bisa dan mampu menjadi role model dalam menjalankan gaya hidup sehat. Hal ini terlihat dari ke-16 Grand Finalist dengan latar belakang yang sangat beragam, mulai dari mahasiswa, atlet, dokter, dosen, entrepreneur, banker, engineer, hingga pilot,” tambah Yesaya. 

Selain Nael, Nathaniel Christopher asal Provinsi Banten berhasil terpilih sebagai 1st  Runner Up, disusul Jeremy Gregory Samatara asal Provinsi Sulawesi Utara sebagai 2nd  Runner Up. 


Nathaniel Christopher, yang akrab dipanggil Nath, merupakan seorang penyuka olahraga dan atlet basket yang sempat dinobatkan sebagai The Most Valuable Player JRBL Indonesia East Java 2018. 

Saat ini, mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya ini juga sedang aktif mengelola UMKM yang didirikannya, yaitu PictPost, di mana ia ingin membuat dampak untuk orang lain melalui karya-karya ilustrasi yang dibuatnya. 

Jeremy Gregory Samatara, atau biasa dipanggil Jeremy, merupakan seorang pilot lulusan Bali International Flight Academy tahun 2022 lalu. 

Sebelum menjalani pelatihan sebagai pilot, Jeremy telah berhasil menuntaskan studinya di jurusan Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan dengan predikat sangat memuaskan dan pernah terpilih sebagai Putra Tomohon 2014. 

Komitmen ketiga figur ini dalam menjalankan dan menginspirasi hidup sehat, dilengkapi dengan kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang sangat baik, menjadikan mereka The New L-Men of The Year 2023.

Tahun ini, The New L-Men of The Year menghadirkan empat kategori special awards, yakni The Best Health Creator on TikTok, The Most Photogenic, The Most Inspiring Movement, dan yang teranyar adalah The Best Physical Performance. 

The Best Health Creator on TikTok diraih oleh Faizal Riko perwakilan Provinsi Jawa Timur 2 atas kreativitas dan konten positifnya yang mampu menjangkau masyarakat untuk hidup sehat melalui platform teknologi digital TikTok.


Sedangkan The Most Photogenic diraih oleh Mahendra Adelf dari Provinsi Kepulauan Riau karena ekspresivitas dan sikap tubuhnya yang mampu menghasilkan potret yang menarik.

The Most Inspiring Movement menjadi bentuk apresiasi L-Men kepada Grand Finalistt yang tidak hanya menginspirasi hidup sehat, namun juga memiliki advokasi dan gerakan sosial yang dinilai paling inspiratif dan berdampak. 

Penghargaan The Most Inspiring Movement tahun ini berhasil diraih oleh dr. Aditya Rahmat Zulfikar perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang saat ini sedang berkuliah sebagai Mahasiswa Magister Manajemen Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Saat ini, ia aktif sebagai Koordinator Komunitas Sobat Diabet chapter Yogyakarta. Pengabdiannya di bidang kesehatan tidak hanya ditunjukkan dengan menjalankan profesinya sebagai seorang dokter, namun ia juga memiliki visi dalam mengedukasi hidup sehat untuk mengajak generasi muda lebih peduli dalam mencegah dan melawan diabetes sedini mungkin.

Pemenang The Best Physical Performance dicapai oleh Nathaniel Christopher asal Provinsi Banten, yang mampu meraih nilai akumulasi tertinggi dalam penilaian performa fisik dan tingkat kebugaran. 

“Karena award ini baru pertama kali diadakan, kami tentu berharap rekor dari Nath bisa terpecahkan, semakin baik dari tahun ke tahun,” tutup Yesaya. 

Rangkaian Audisi dan Proses Karantina

Rangkaian kegiatan pemilihan The New L-Men of The Year 2023 telah berlangsung sejak Januari 2023, mulai dari audisi di berbagai kota, Sharing Session L-Men Talks bersama para semi finalists, pre-camp untuk para Grand Finalist yang terdiri atas rangkaian kelas pembekalan virtual dan pelaksanaan proyek edukasi, karantina #CollaBROrative Camp, hingga pelaksanaan grand final.


Terdapat berbagai kelas virtual yang diadakan untuk menambah kapasitas para Grand Finalist sebagai inspirator hidup sehat, meliputi kelas storytelling, spokeperson training, personal branding, kelas public speaking oleh Caldare Champ, kelas nutrisi oleh Nutrifood Research Center, dan kelas media sosial yang langsung dibawakan oleh Tik-Tok dan Shafiq Pontoh. 

Terkait pelaksanaan proyek edukasi, ke-16 Grand Finalist dibagi menjadi empat tim, di mana setiap tim memiliki misi edukasi masing-masing. Green Squad (@magerbuster) dengan kampanye pentingnya aktif berolahraga dan semangat bergerak, Red Squad (@redukasi.id) dengan kampanye pentingnya konsumsi makanan sehat dan nutrisi seimbang, Blue Squad (@senyum_santuy) melalui kampanye pentingnya kesadaran akan kesehatan mental, serta Yellow Squad (@youthdozer) dengan kampanye peningkatan kapasitas generasi muda. 

Berbagai aktivitas pun mereka lakukan, mulai dari olahraga bersama, program mentoring hidup sehat, pengecekan kesehatan, edukasi nutrisi, demo masak, hingga aktivitas kunjungan museum.

Rangkaian karantina dilanjutkan dengan #CollaBROrative Camp, photoshoot oleh Wong Sim, dan videoshoot di Jakarta dan Sumbawa.  

Dalam kegiatan karantina #CollaBROrative Camp kali ini, para Grand Finalist ditantang untuk melakukan Physical Performance Test, yang berisi sembilan tantangan untuk mengukur performa fisik dan tingkat kebugaran mereka.

Malam Grand Final The New L-Men of The Year 2023 menghadirkan empat orang juri, yaitu Rikas Harsa (aktor, presenter, dan Winner L-Men of ther Year 2010), Dinda Crescheilla (Puteri Indonesia Pariwisata 2022), Nino Indrawan (Winner The New L-Men of the Year 2021), serta Yesaya Christian (Brand Manager L-Men). 

Acara ini dipandu langsung oleh Indra Herlambang & Patricia Gouw sebagai host dan Okky Alparessi sebagai co-host, serta dimeriahkan penampilan dari Cinta Laura Kiehl dan Novia Bachmid.

Daftar Pemenang
Winner - Nathanael Yoga (DKI Jakarta 1) @nathanaelyg 
1st  Runner-Up - Nathaniel Christopher (Banten) @nath7csj 
2nd Runner-Up - Jeremy Gregory Samatara (Sulawesi Utara) @jeremysamatara 
3rd  Runner-Up – Samuel J. Olam (Jawa Barat) @samjolam 
4th  Runner-Up – Ferrero Sugiharto (Jawa Timur 1) @erosugiharto 
5th  Runner-Up - dr. Aditya Rahmat Zulfikar (Nusa Tenggara Barat) @ar.zulfikar 

The Best Health Creator on TikTok – Faizal Riko (Jawa Timur 2)
The Most Photogenic – Mahendra Adelf (Kepulauan Riau)
The Most Inspiring Movement – dr. Aditya Rahmat Zulfikar (Nusa Tenggara Barat)
The Best Physical Performance - Nathaniel Christopher (Banten)

Komentar