nusabali

Rem Blong, Hantam Truk, Tronton Angkut Pakan Terguling

Arus Lalin Jalur Kintamani – Tegallalang Sempat Dialihkan

  • www.nusabali.com-rem-blong-hantam-truk-tronton-angkut-pakan-terguling

BANGLI, NusaBali - Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur Kintamani – Tegallalang (Gianyar), di Desa Sekaan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Sabtu (29/7) pagi sekitar pukul 07.20 Wita.

Kecelakaan melibatkan truk tronton bernomor polisi DK 8348 PY mengangkut pakan ternak ayam dan truk Isuzu DK 8531 GG bermuatan air. Truk tronton terguling setelah menghantam Isuzu. Diduga kecelakaan diakibatkan tronton mengalami rem blong.  

Informasi yang dihimpun, truk tronton sudah dalam kondisi rem blong dan beberapa kali oleng, saat melintas di perempatan Bayung Gede –  Sekaan atau sekitar 2 kilometer sebelum titik kejadian.

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa kecelakaan itu. Kecelakaan melibatkan truk tronton yang dikemudikan I Komang Suartama asal Desa Tukad Sumaga, Gerokgak, Buleleng dengan truk Isuzu pengangkut air, yang dikemudikan I Wayan Sutirtayasa asal Desa Sekaan, Kintamani.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 07.20 Wita, kejadian berawal saat truk tronton DK 8348 PY datang dari arah utara menuju selatan, melintasi jalur Kintamani – Tegallalang, Gianyar.

Setibanya di TKP sopir truk tronton DK 8348 PY tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Truk yang oleng akhirnya menabrak bagian belakang kanan truk Isuzu yang dikemudikan Wayan Sutirtayasa.

“Truk Isuzu DK 8531 GG berjalan pelan-pelan menuju arah selatan, atau searah dengan truk tronton. Pengemudi truk Wayan Sutirtayasa yang saat itu berniat mencari air,” ungkap Kompol Ruli.

Dikatakannya, tabrakan tersebut mengakibatkan truk Isuzu terguling dan membentur pohon yang ada di kiri jalan, dengan posisi akhir Isuzu berbalik arah ke barat. Sedangkan truk tronton tetap melaju oleng ke kanan dan masuk ke kebun warga, kemudian menabrak tiang listrik dan terguling melintang di tengah jalan.

Akibat dari peristiwa tersebut, pengemudi truk tronton mengalami patah kaki kanan, lecet pada kaki dan tangan. Sedangkan pengemudi Isuzu mengalami luka robek di pelipis kiri, serta lecet pada kaki dan tangan. Para pengemudi tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. “Berdasarkan pengakuan dari sopir truk tronton, truk dalam keadaan rem blong atau rem tidak berfungsi,” ujar Kompol Ruli.

Kompol Ruli mengatakan, kedua kendaraan mengalami kerusakan dengan posisi masing-masing melintang. Kondisi ini menyebabkan akses jalan utama Kintamani (Bangli) – Tegallalang (Gianyar) menjadi terhambat.

“Kami melakukan upaya pengalihan arus lalin. Sebagai alternatif akses lalin Kintamani – Tegallalang, dengan melewati jalur/jalan Desa Pukuh – Tampaksiring,” sebut Kompol Ruli.

Hingga pukul 13.30 Wita proses evakuasi truk masih berlangsung. Badan truk yang sebelumnya terguling telah dipulihkan, walaupun masih melintang di badan jalan. Proses evakuasi tersebut menjadi tontonan warga sekitar. 7 esa

Komentar