nusabali

Jaya Negara Mendem Dasar Serangkaian Melaspas, Ngenteg, lan Tawur di Pura Luhur Uluwatu

  • www.nusabali.com-jaya-negara-mendem-dasar-serangkaian-melaspas-ngenteg-lan-tawur-di-pura-luhur-uluwatu

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Melaspas, Ngenteg, lan Tawur Caru Panca Rupa di Pura Luhur Uluwatu, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, bertepatan dengan Rahina Sugihan Bali pada Sukra Kliwon Sungsang, Jumat (28/7). Karya dilaksanakan serangkaian tuntasnya perbaikan palinggih di Pura Luhur Uluwatu.

Hadir pula Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra, Kapolresta Denpasar Kombes Bambang Yugo Pamungkas, Walikota periode 2008–2021  Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, panglingsir Puri dan Griya.

Usai mendem dasar, Walikota Jaya Negara juga turut ngayah Nuntun dan Ngalinggihang Ida Bhatara.

Tampak pula sasolahan Tari Rejang Dewa, Tari Rejang Sari, Topeng Wali, dan Wayang Lemah. Seluruh rangkaian upacara dipuput tiga sulinggih, Ida Pedanda Gede Isana Manuaba, Ida Pedanda Ketut Oka Dwipayana, dan Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa. Usai persembahyangan bersama, dilaksanakan pemukulan gong yang merupakan hibah dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang diserahkan secara simbolis oleh Kapolda Irjen Ida Bagus Narendra.

Panglingsir Puri Agung Jro Kuta I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya atau yang akrab disapa Turah Joko bersyukur Melaspas, Ngenteg, lan Tawur Caru Panca Rupa di Pura Luhur Uluwatu berjalan sesuai harapan. Pamelaspasan ini dilaksanakan setelah tuntasnya pemugaran Prahyangan Palinggih Utama Mandala di Pura Luhur Uluwatu yang sebelumnya terkena musibah.

Turah Joko menjelaskan, rangkaian upacara dimulai dari Pamelaspasan, Mendem Dasar, Mendem Panca Datu, Nuntun, Ngeteg, lan Ngalinggihang Ida Bhatara. Dengan diplaspasnya prahyangan ini maka Ida Bhatara Pura Luhur Uluwatu kembali berstana di Meru Tumpang Tiga pada Utama Mandala Pura Luhur Uluwatu.

Walikota Jaya Negara memberikan apresiasi atas komitmen pangempon memperbaiki Parahyangan Ida Bhatara Pura Luhur Uluwatu. Karya ini merupakan momentum bagi seluruh krama untuk selalu eling dan meningkatkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Hendaknya ini dijadikan momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari Tri Hita Karana.

“Dengan pelaksanaan Melaspas, Ngenteg, lan Tawur Caru Panca Rupa di Pura Luhur Uluwatu  ini mari kita tingkatkan rasa srada bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai implementasi Tri Hita Karana,” ujar Walikota Jaya Negara. @ mis

Komentar