nusabali

Status Lanal Denpasar Diharapkan Jadi Tipe A

Gubernur Koster Prihatin Kondisi Rumdis Prajurit Lanal

  • www.nusabali.com-status-lanal-denpasar-diharapkan-jadi-tipe-a

DENPASAR, NusaBali - Gubernur Bali Wayan Koster bersilaturahmi ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar di Jalan Raya Sesetan Nomor 331, Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Selasa (25/7).

Kedatangan Gubernur Koster bersama Kasatpol PP Bali Dewa Nyoman Rai Dharmadi dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Bali diterima langsung Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) I Gde Padang Suryawan, Pasops Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Tatak Indarto, Dandenpomal Lanal Denpasar Mayor Laut (PM) Tona Andrianto Ompusunggu, Pasminlog Lanal Denpasar Mayor Laut (S/W) Ni Nyoman Nuriani dan pejabat utama di Lanal Denpasar.

Dalam kesempatan itu Gubernur dan Danlanal membicarakan banyak hal, baik dari sisi keamanan dan kebijakan pemerintah dalam membangun Bali ke depan. Bagi Gubernur Koster, TNI Angkatan Laut memiliki peran penting untuk menjaga Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia. Usai berbincang penuh akrab, Gubernur Koster didampingi Danlanal menyempatkan diri keliling kompleks Lanal Denpasar untuk melihat situasi.

Saat tiba di kompleks rumah dinas (Rumdis), Gubernur Koster kaget melihat kondisi 70 unit rumah dinas yang sudah tak layak huni. Atap rumah banyak yang ditambal. Selain itu ukuran rumah sesak, kecil, panas, dan atapnya sangat rendah.

"Angkatan Laut merupakan penjaga kawasan Bali dari sisi laut baik pertahanan, transportasi, dan keamanan. Saya terlambat datang ke sini. Hari ini saya mendapatkan pemaparan sangat lengkap dari Danlanal Denpasar. Saya kaget juga melihat kondisi perumahannya yang menurut saya kurang layak. Ini menjadi salah satu fokus saya. Doakan saja semoga saya ke depan bisa berkontribusi untuk hal ini," ungkap Koster.

Selain merasa prihatin dengan rumah dinas para prajurit TNI AL, Gubernur Koster juga berharap agar Lanal Denpasar statusnya dinaikkan dari tipe B menjadi tipe A. "Tadi saya dan Danlanal sempat membicarakan tentang rencana kenaikan status Lanal Denpasar dari tipe B ke tipe A. Saya sangat mendukung. Saya coba mengusulkan ini ke Pusat. Tahun 2019 saya mengusulkan kenaikan status Korem 163/Wira Satya. Kini Danremnya jenderal bintang satu," pungkas Gubernur Koster.

Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo mengatakan Rumdis Lanal Denpasar sudah waktunya untuk direnovasi. Dia mengungkapkan 70 unit rumah yang ada saat ini dibangun tahun 1960. Kondisi ini sudah dilaporkan ke Kasal dan kini sudah sampai ke meja Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

"Masalah rumah yang kurang layak huni ini termyata jadi perhatian khusus bapak Gubernur. Perhatian bapak gubernur ini secara otomatis menaikkan moril para prajurit Lanal Denpasar. Terkait kondisi perumahan ini sudah kita laporkan ke Kasal. Rencananya 2025 dilakukan renovasi berat. Harapannya lebih cepat. Misalnya tahun 2024 diambil alih kementerian PUPR," ungkap Kolonel Dewa Rake.

Hal serupa juga terkait dengan permohonan perubahan status Lanal Denpasar dari tipe B ke tipe A. Permohonan perubahan status itu sudah diajukan sejak Kasal era Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini sebagai Panglima TNI. Saat ini proses perubahan status itu sudah di meja Panglima TNI dan tinggal menunggu waktu. Perubahan status itu tentu terlebih dahulu dikaji, misalnya melihat situasi, luas wilayah, luas tanggung jawab Lanal, kepentingan Bali tentang keamanan laut terkait dengan pariwisata dan lainnya.

"Kalau dilihat dari itu semua, saya rasa Lanal Denpasar sudah layak untuk naik statusnya menjadi kelas A. Bapak gubernur meminta untuk membuatkan surat permohonan pengajuan agar segera, kebetulan beliau (Gubernur) mau ke Jakarta sekalian membawa surat tersebut. Tugas Lanal Denpasar saat ini tentu saja berat, apalagi Bali menjadi tujuan wisata dunia," ungkapnya. 7 pol

Komentar