nusabali

Cegah Sampah Plastik, Siswa TK Dibantu Tumbler

  • www.nusabali.com-cegah-sampah-plastik-siswa-tk-dibantu-tumbler

AMLAPURA, NusaBali - Pendiri TK Pratama Widya Pasraman Amerta Yulia Ganesha, I Wayan Mertayasa, di Banjar Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem, membagikan 40 tumbler (botol minuman isi ulang) untuk siswa baru. Langkah ini untuk mencegah penumpukan sampah plastik.

"Kami juga mengedukasi siswa baru agar tidak membawa minuman dengan kemasan plastic. Tumbler ini juga lebih praktis untuk mencegah sampah plastik," jelas Mertayasa di sela-sela membagikan tumbler di sekolah TK setempat, Selasa (25/7).

TK ini berbasis Hindu, sejak awal menanamkan pendidikan karakter agar mencintai lingkungan, terbebas dari sampah plastic. Sehabis makan, anak-anak agar menaruh sampah pada tempatnya. TK Pratama Widya Pasraman berdiri tahun 2013 dan menjadi TK Hindu tahun 2016.

Tujuan memberikan tumbler, kata Mertayasa, agar siswa mudah membawa minuman. Tumbler juga untuk menahan suhu minuman dalam waktu cukup lama sehingga lebih sehat.

TK Pratama Widya Pasraman dipimpin Kepala TK Ni Nyoman Yuliani dibantu 5 pengajar. Tahun ajaran 2022/2023, menamatkan 28 siswa, sedangkan siswa baru tiap tahun bertambah untuk tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 40 siswa baru.

Di Karangasem sendiri ada 12 TK berbasis Hindu. Pembelajarannya lebih banyak bernuansa Hindu, mulai dari sembahyang, trisandya, nyanyi bermuatan Hindu dan sebagainya.7k16

Komentar