nusabali

SMP Baru di Gerokgak Buka 4 Kelas

  • www.nusabali.com-smp-baru-di-gerokgak-buka-4-kelas
  • www.nusabali.com-smp-baru-di-gerokgak-buka-4-kelas

SINGARAJA, NusaBali - SMPN 6 Gerokgak, sekolah menengah baru yang didirikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng di tahun pertama membuka 4 kelas.

Sebanyak 122 orang peserta didik baru terdaftar dan siap mengikuti proses pembelajaran sebagai siswa SMPN 6 Gerokgak.

Sekretaris Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata, Jumat (14/7), mengatakan 122 orang siswa itu sudah melakukan pendaftaran ulang. Mereka pun saat ini sedang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Seluruh proses pembelajaran masih menggunakan gedung dan fasilitas di SDN 3 Gerokgak. Empat kelas yang dibuka tahun ini sebagai angkatan pertama bersekolah siang setelah proses pembelajaran di SDN 3 Banyupoh usai dilaksanakan.

"Untuk pemenuhan guru sifatnya masih penugasan ada sekitar 10 guru, satu pekala sekolah yang dijabat Plt Korwil Gerokgak dan satu operator Dapodik (Data Pokok Pendidikan)," ucap Surya Bharata.

Foto: Sekretaris Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata. -LILIK

Sedangkan untuk pendirian gedung baru saat ini masih dalam proses pemenuhan persyaratan untuk penerbitan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Selain pemenuhan sarana prasarana dan SDM di sekolah baru, operator sekolah juga sedang bekerja untuk pemenuhan Dapodik. Sehingga sekolah bisa mengakses dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Cut off BOS per 31 Agustus. Kita pastikan anak-anak tertarik ke Dapodik. Penyaluran baru bisa dialokasikan tahun 2024. Untuk sementara kebutuhan yang mendesak diupayakan dari APBD Perubahan," imbuh dia.

Dalam waktu dekat ini juga akan dibentuk Komite Sekolah, yang juga diharapkan dapat membantu sekolah. Sementara itu setelah didirikan sekolah baru di Kecamatan Gerokgak, kondisi di SMPN 2 Gerokgak yang biasanya selalu overload sudah kembali normal. Tahun ajaran ini SMPN 2 Gerokgak hanya menerima 352 orang siswa untuk 11 rombel. 7k23

Komentar