nusabali

Anggaran Pilkel Serentak Rp 700 Juta, DPT Terdata 56.354 Pemilih

  • www.nusabali.com-anggaran-pilkel-serentak-rp-700-juta-dpt-terdata-56354-pemilih

Anggaran yang disiapkan itu dialokasikan untuk seluruh tahapan Pilkel serentak. Mulai dari pengadaan logistik, pengamanan hingga pelantikan.

SINGARAJA, NusaBali
Tahapan Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di 11 desa saat ini sedang berproses penetapan calon perbekel. Pemkab Buleleng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng menyiapkan anggaran Rp 700 juta untuk seluruh tahapan.

Sembari menunggu tahapan di panitia pilkel desa, Dinas PMD juga sudah mulai melakukan penjajakan kepada rekanan untuk desain dan pengadaan surat suara. Rencananya untuk Pilkel Serentak di 11 desa akan dicetak sebanyak 58.608 lembar surat suara. Namun jumlah tersebut sudah melebihi 4 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 56.354 jiwa.

"Kita cetak lebih 4 persen dari jumlah DPT sebagai antisipasi ada kerusakan surat suara termasuk pemilih tambahan yang tidak ada di DPT dan pemilih pemula yang saat pencoblosan 24 September nanti berusia 17 tahun," ucap Kepala Dinas PMD Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena, Kamis (13/7).

Sementara itu, dari total 35 orang calon Pilkel di 11 desa sudah ada 29 orang calon di 10 desa yang ditetapkan panitia pilkel di masing-masing desa. Sedangkan 6 calon lainnya di Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Buleleng masih menunggu tahapan seleksi tambahan karena jumlah calon lebih dari 5 orang.

"Penetapan calon dan pengambilan nomor undi itu sudah di 10 desa, kecuali di Dencarik saja yang belum. Panitia Pilkel Desa Dencarik akan melangsungkan seleksi tambahan pada tanggal 28 Juli mendatang kemudian di awal Agustus ditetapkan," terang pejabat asal Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini.

Puluhan calon perbekel delapan orang diantaranya merupakan calon incumbent. Mereka diantaranya Ketut Ngurah yang kini Perbekel Sepang Kelod, Nyoman Arya Swabawa yang kini Perbekel Musi, Ketut Bijaksana yang juga Perbekel Banyupoh, Ketut Sudiarsa yang menjabat Perbekel Pangkungparuk, Putu Madia selaku Perbekel Tukadmungga, Putu Arya Suyasa yang Perbekel Sangsit, dan Gede Arya Odantara yang kini Perbekel Bondalem dan Ni Luh Kertawati Perbekel Dencarik.

Sedangkan calon perbekel di 3 desa lainnya yakni Desa Sidetapa, Desa Tukadsumaga dan Desa Sembiran diisi oleh calon-calon pendatang baru. 7k23

Komentar