nusabali

Perbaikan Pipa Perumda Segera Rampung

  • www.nusabali.com-perbaikan-pipa-perumda-segera-rampung

BANGLI, NusaBali - Perbaikan jaringan pipa milik Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (eks PDAM) Bangli, terus dikebut. Perbaikan pipa di sumber mata air Gamongan I dan II, kawasan Tukad Melangit, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli, segera rampung.

Kabag Umum dan Keuangan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta I Gusti Agung Sutha Baskara  mengatakan proses perbaikan jaringan pipa yang hancur akibat diterjang longsor dan terjang air bah masih berlangsung. Kata dia, pengerjaan perbaikan jaringan pipa di sumber mata air Gamongan I  hampir rampung dan kini tinggal memasang enam batang pipa. "Kami membutuhkan waktu untuk perbaikan jaringan pipa. Karena kami harus membuat jalur pipa yang baru," jelasnya, Kamis (13/7).

Menurut Agung Baskara, secara teknis, pipa tidak lagi dipasang di tempat awal. Karena tempat itu sebelumnya tergerus longsor. Pekerja memerlukan waktu empat hari untuk membuat jalur pipa sepanjang hampir 2 km.

Lanjutnya, untuk perbaikan jaringan pipa sumber mata air Gamongan II, tinggal penyambungan pipa. "Pipa sudah ada di bawah, tinggal penyambungan dan uji pompa,” sebutnya.

Diakui, selama proses perbaikan masih terkendala hujan hingga di lokasi perbaikan rawan longsor. Medan untuk ke lokasi juga tergolong ekstrem. "Kontur tanah yang labil, jika hujan maka perbaikan tidak bisa dilakukan," terangnya.

Menurut Agung Baskara, estimasi pekerjaan sudah 80 persen. Jika cuaca mendukung pekerjaan akan segera tuntas. Dengan tuntasnya pengerjaan pipa air dari dua sumber itu nanti, daerah layanan yang selama proses perbaikan, tidak teraliri air akan segara mendapat pasokan air. Beberapa wilayah yang terdampak, seperti Kelurahan Kawan, Cempaga, dan Kubu. Ada ribuan pelanggan yang tidak bisa dilayani air secara optimal pasca kerusakan jaringan perpipaan tersebut.7esa

Komentar