nusabali

DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu Tambah Area Parkir

  • www.nusabali.com-dtw-kawasan-luar-pura-uluwatu-tambah-area-parkir
  • www.nusabali.com-dtw-kawasan-luar-pura-uluwatu-tambah-area-parkir

MANGUPURA, NusaBali.com – Merespons peningkatan tingkat kunjungan wisatawan ke Daya Tarik Wisata (DTW) kawasan luar Pura Uluwatu, pihak pengelola pun melakukan inovasi-inovasi baru. Salah satunya penambahan lahan parkir di kawasan tersebut.

Hal itu diterangkan langsung oleh Manajer Pengelola Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, I Wayan Wijana yang mengungkapkan pihaknya akan memproses penataan perluasan area parkir. 

Penambahan lahan parkir tersebut berada tepat di sebelah loket pembayaran karcis parkir kendaraan yang kini masih dalam proses perataan.

“Untuk penataan perluasan area parkir kita masih menunggu master plan penataan dari Pemerintah Kabupaten Badung tahun 2024,” ungkap Wijana saat dikonfirmasi pada Rabu (12/7/2023).

Alasan dilakukan penataan perluasan area parkir itu, dikatakan Wijana dikarenakan saat ini bus-bus besar sulit masuk ke area parkir. Sehingga, Desa adat Pecatu sudah membebaskan lahan untuk perluasan area pakir yang mencapai 1.5 hektare.

“Karena kemarin bus-bus besar sudah tidak bisa masuk, sekarang kami sudah bisa jawab masalah itu dengan perluasan area parkir itu,” tambahnya.

Rencana ke depan, pihak Desa Adat Pecatu pun akan melakukan penambahan perluasan parkir hingga mencapai 3 hektare. Namun, dikatakannya rencana itu masih menyesuaikan dengan kondisi keuangan desa. Sebab, pembebasan itu dilakukan dengan membeli lahan.
 
Sementara, soal daya tampung dari area parkir yang baru, Wijana memprediksi bisa menampung hingga ribuan kendaraan. Tidak hanya diperuntukkan untuk bus besar saja. Namun, lokasi parkir yang baru itu akan diperuntukan untuk semua jenis kendaraan.

“Campur nanti kendaraan yang ada di sana, kalau bus saja kegedean tempat parkir. Karena besar 1.5 hektare belum lagi nanti kemungkinan ditambah lagi menjadi 3 hektare, daya tampungnya bisa ribuan kendaraan," imbuhnya. *ris

Komentar