nusabali

Duo Bali Ikuti TC Piala Dunia U-17

  • www.nusabali.com-duo-bali-ikuti-tc-piala-dunia-u-17

Kami mengawali seleksi pemusatan latihan tim U-17 Indonesia pada hari ini dengan tes kesehatan kepada seluruh pemain. Seleksi ini hingga 28 Agustus dan untuk tahap awal kami memanggil 34 pemain.

MANGUPURA, NusaBali
Dua pemain Bali United Youth dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas U-17 Indonesia untuk persiapan Kejuaraan Piala Dunia U17 2023. Keduanya, adalah Komang Ananta Pramananda Putra dan Mohamad Andre Pangestu. 

Duo pemain asli Bali  itu mulai menjalani TC di Jakarta, mulai Minggu (9/7) hingga Senin (28/8) mendatang. Kejuaraan FIFA Piala Dunia U17 akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 di Indonesia. 

Sedangkan sebelum memulai persiapan panjang, Andre dan Ananta menjalani tes kesehatan bersama 32 pemain lainnya pada Senin (10/7). 

Pelatih kepala Timnas Indonesia Bima Sakti menyebutkan, ke-34  pemain aan menjalani pemusatan latihan untuk kesempatan masuk skuad utama Garuda.

"Alhamdulillah kami mengawali seleksi pemusatan latihan tim U-17 Indonesia pada hari ini dengan tes kesehatan kepada seluruh pemain. Seleksi ini hingga 28 Agustus dan untuk tahap awal kami memanggil 34 pemain," kata Bima Sakti.

Adapun proses seleksi pemain sesuai kebutuhan tim yang dinilai dari kualitas di lapangan, skill dan chemistry dengan rekan dalam tim.

Bima menegaskan timnya akan sangat selektif memilih pemain dan mencari pemain sesuai kebutuhan tim. 

“Kriteria yang kami cari tentu dari kualitas pemain tersebut, skill individu, chemistry dengan teman-temannya, mental, disiplin, dan lain-lainnya," kata Bima Sakti.

Sejumlah pemain yang dipanggil Bima di antaranya, pemain timnas U-16 yang pernah bermain pada 2022, seperti Muhammad Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka, dan Muhammad Kafiatur.

Pelatih Bima juga memanggil enam pemain keturunan, yakni Welber Halim Jardin, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

Selama TC nanti, Bima Sakti juga menerapkan sistem promosi-degradasi. Para pemain terbaik akan dipertahankan, sedangkan yang tidak sesuai tak akan lanjut.

"Seminggu pulang, seminggu datang. Sekalian saya memberikan kesempatan para pemain lain ke Timnas Indonesia U-17," ucap Bima Sakti. terkait sistem promosi-degradasi TC Timnas U-17.

Bima Sakti adalah Pelatih Timnas U-16 yang ditunjuk PSSI menangani Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17. Terakhir kali dia memimpin Timnas U-16 pada 1-9 Oktober 2022 untuk ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Bima Sakti juga mengantongi sejumlah nama pemain baru untuk Timnas U-17 2023 dari pemantauan Garuda International Cup (GIC) III, yang bergulir di ASIOP Training Ground, Sentul, Jawa Barat, Kamis-Minggu (6-9/7).

"PSSI memberikan kesempatan kepada siapa pun pemain Indonesia. Saya di sini (GIC) juga melihat beberapa pemain yang mungkin nanti akan diberikan kesempatan dipanggil untuk timnas U-17," ujar Bima Sakti. *

34 Pemain Timnas U-17 untuk Seleksi TC 

1. Muhammad Afazriel, PSS
2. Ji Da Bin, ASIOP
3. Komang Ananta, Bali United
4. Mohamad Andre, Bali United
5. Muhammad Iqbal, Barito Putera
6. Irvansyah Afanda, Bhayangkara FC
7. Azzaky Esa, Bhayangkara FC
8. Muhammad Ridho, Borneo FC
9. Andrika Fathir, Borneo FC
10. Rizdjar Nurviat, Borneo FC
11. Mokh Hanif, Cipta Cendekia FA
12. Muhammad Kafiatur, Borneo FC
13. M Riski, Madura United
14. Muhammad Gaoshirowi, Persib
15. Zulkifli Lukmansyah, Persib
16. Figo Dennis, Persija
17. Jehan Pahlevi, Persija
18. Arkhan Kaka, Persis
19. Habil Akbar, PPLP Jawa Tengah
20. Muhammad Nabil, PPLP Sumbar
21. Ikram Algifarri, PPLP Sumbar
22. Sulthan Zaky, PSM
23. Achmad Zidan, PSS
24. Dimas Arya, Persipasi
25. Shouter Tonci, PPLP Papua
26. Gala Pagamo, PPLP Sumbar
27. M Givary Lotra,Cipta Cendekia FA
28. Danda Rama, Barito Putera
29. Welber Halim, Sao Paolo
30. Madrid Augusta, AFC'34 Alkmaar
31. Mahesa Ekayanto, FC Dordrecht
32. Staffan Qabiel, Academy Sant Cuggat
33. Aaron Liam, Bullen FC
34. Aaron Nathan, Youth FC Nottingen

Komentar