nusabali

Perindo Jadi Parpol Pertama

KPU Gianyar Terima Perbaikan Dokumen Persyaratan BacalegKPU Gianyar Terima Perbaikan Dokumen Persyaratan Bacaleg

  • www.nusabali.com-perindo-jadi-parpol-pertama

GIANYAR, NusaBali - KPU Kabupaten Gianyar menerima dokumen pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten Gianyar, untuk Pemilu 2024 di Kantor KPU setempat, Sabtu (8/7).

Penyerahan dokumen perbaikan tersebut dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Gianyar. Kegiatan penerimaan pengajuan dokumen perbaikan diawali dari Partai Perindo sekaligus menjadi partai politik (parpol) pertama yang melakukan pengajuan perbaikan ke KPU Kabupaten Gianyar. Usai Perindo, kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyusul.

Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna memimpin pemeriksaan oleh admin dan operator Silon (Sistem Informasi Pencalonan). Proses pemeriksaan tersebut diakhiri dengan penyerahan berita acara dan tanda terima kepada pimpinan parpol.

Ketua Perindo Gianyar, Ngakan Putra saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tak ingin menunda-nunda pengajuan perbaikan. Justru semakin cepat semakin baik, apalagi bisa menjadi yang pertama. "Artinya komunikasi kita lancar dengan KPU Gianyar terkait apa-apa yang harus kita lengkapi," ujar Ngakan Putra.

Setelah penyerahan berkas perbaikan, Ngakan Putra yakin 30 bacaleg DPRD Gianyar dari Perindo, seluruhnya memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai caleg.
Pengajuan perbaikan sejatinya sudah dibuka sejak 26 Juni 2023, namun sejumlah parpol yang calegnya Belum Memenuhi Syarat (BMS) menunggu injuri time. Meski demikian, KPU Gianyar menyatakan siap siaga menerima kedatangan partai politik. "Untuk Minggu 9 Juli 2023 kita menerima pengajuan bakal calon sampai dengan Pukul 23.59 Wita," ujar Ketua KPU Gianyar Putu Agus Tirta Suguna.

Kata dia, tahapan selanjutnya, berkas yang diajukan pihak parpol akan dilakukan verifikasi hasil perbaikan. Terkait dengan parpol yang tidak mengajukan berkas perbaikan, statusnya nanti akan ditetapkan usai verifikasi hasil perbaikan selesai.

Sebelumnya, KPU Gianyar merampungkan pemeriksaan berkas administrasi bacaleg. Mirisnya, dari 530 bacaleg yang sudah mendaftar, sebagian besar BMS. Tak main-main, jumlahnya sebanyak 490 bacaleg. Sementara yang sudah lengkap baru 40 orang. nvi

Komentar