nusabali

BlueScope Youth Orchestra dan Voice of Bali Children’s Choir Tampil Bersama di Pesta Kesenian Bali XLV 2023

  • www.nusabali.com-bluescope-youth-orchestra-dan-voice-of-bali-childrens-choir-tampil-bersama-di-pesta-kesenian-bali-xlv-2023

DENPASAR, NusaBali.com - Kelompok musik BlueScope Youth Orchestra dari Australia dan Voice of Bali Children's Choir dijadwalkan akan tampil di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV 2023 atau Bali Arts Festival 2023 sebagai bagian dari program 'Bali World Culture Celebration' pada Jumat (7/7), pukul 17:00 Wita.

Kedua kelompok musik, Orkestra dan Paduan Suara juga diundang oleh Konsul Jenderal Bali Australia, Ms. Anthea Griffin, untuk tampil, tanpa biaya, di Coral Triangle Centre, Denpasar Bali, pada esok harinya, Sabtu (8/7) pukul 16:00 WITA. 

Program ini akan menampilkan lagu-lagu daerah tradisional Australia dan Indonesia yang dibawakan 18 anak dari BlueScope Youth Orchestra dan 30 anak dari Voice of Bali Children’s Choir. Terdapat sekitar 10 lagu total yang akan ditampilkan, dan seorang narator akan menyampaikan makna dan popularitas dari lagu-lagu tersebut. 

Adapun, program tur lengkap dari kelompok musik BlueScope Youth Orchestra Australia kali ini, adalah sebagai berikut:

1. Juli: Pertunjukan gratis selama satu jam di Murnis Warung Ubud pukul 18.00 WITA.

2. Juli: Pertunjukan gratis di panti asuhan lokal: Panti Asuhan Tabanan 11.00 WITA.

3. Juli: Gladi bersih dan penampilan bebas di Fontana Hotel Kuta 18.00 WITA. 

4. Juli: Pertemuan dengan orkestra gamelan remaja di Desa Batu Bulan 16.00 WITA. 

5. Juli: Pertunjukan lokal gratis di panti jompo setempat pukul 11.00 WITA. 

6. Juli: Pertunjukan singkat gratis di Mason Adventure Park Ubud 13.00 WITA 

7. Juli: Pertunjukan bebas bersama Voice of Bali Children’s Choir di Bali World Culture Celebration (BWCC) (Bali Arts Festival) pukul 17.00 WITA 

8. Juli: Pertunjukan umum gratis bersama Voice of Bali Children's Choir yang diselenggarakan oleh Konsul Jenderal Australia Bali tampil di Coral Triangle Centre Denpasar pada pukul 16.00 WITA. 

Contact:  Dr Rob Goodfellow WA +61-419682950 / Rai Rahman Indra WA +62-816-1420-793.

The BlueScope Youth Orchestra 


Kelompok musik ini telah menjadi ansambel pertunjukan utama dari Konservatorium Musik Wollongong selama 37 tahun terakhir. Disponsori oleh Program Mitra Komunitas BlueScope/WIN Television Corporation, orkestra yang diisi oleh anak-anak muda ini merupakan sponsor berkelanjutan terlama dari sebuah organisasi seni di Australia. BlueScope Youth Orchestra berlatih setiap minggu di bawah kepemimpinan Nigel Edwards dan tim yang terdiri dari tiga orang lainnya, Tanya Phillips, Scott Taggart, dan Hayden Burge. 

Mereka memberikan pelatihan orkestra kepada 35 pemain musik dengan rentang usia 13 hingga 21 tahun, di mana tur pertunjukan sebagai bagian dari program pendidikan. Setiap tahun, kelompok musik Orkestra melakukan tur pertunjukan di berbagai tempat di Australia, dan setiap tahun ketiga melakukan tur internasional.

Dalam rekam jejak tur sebelumnya, BlueScope Youth Orchestra telah melakukan tur ke seluruh Australia, serta internasional ke Selandia Baru, Indonesia, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Hungaria, Slovenia, dan Austria. Saat berada di rumah di Wollongong, Orkestra tampil secara teratur untuk dan bersama grup dan perkumpulan musik lain, dan juga sering menggelar acara untuk penggalangan dana. 

Konduktor: Nigel Edwards
Manajer/Tutor String: Mrs. Tanya Phillips
Tutor String Senior: Scott Taggart
Tutor Wind: Hayden Burge

Voice of Bali Children’s Choir


Kelompok musik anak ini didirikan pada tahun 2021 oleh Gregorius Septo Mulyadi Tagur yang berasal dari pulau Flores dan lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali. Voice of Bali Children’s Choir berlatih dua kali seminggu dan menampung minat dan bakat sekitar 30 anak Indonesia, mulai dari usia 5 hingga 15 tahun dan dari berbagai latar belakang yang tinggal di Pulau Bali. 

Sebagai salah satu pelopor paduan suara anak Bali, Voice of Bali Children's Choir pernah tampil di G20 (2022) World Conference on Creative Economy (2022) Bali Choral Competition (2022), Bali Jani III Festival (2022) International Bandung Choral Festival (2023) serta menampilkan lagu-lagu Natal di beberapa tempat premium di seluruh Bali (2022) Filosofi Paduan Suara adalah, 'bernyanyi bersama dan menciptakan kedamaian.'

Konduktor dan Sutradara: Gregorius Septo Mulyadi Tagur
Asisten Pelatih Suara: Felicia Ristanto
Manajer: Ni Luh Putu Eka Wirayanti

Jadwal Pertunjukan

The BlueScope Youth Orchestra bekerjasama dengan Voice of Bali Children's Choir telah resmi diundang oleh panitia penyelenggara Bali Arts Festival ke-44 (Juni-Juli 2023) untuk tampil sebagai bagian dari 'program Perayaan Bali World Culture Celebration Program' yang dimulai pada pukul 17.00 pada hari Jumat tanggal 7 Juli 2023.

BlueScope Youth Orchestra bekerja sama dengan Voice of Bali Children's Choir juga diundang secara resmi oleh Konsul Jenderal Bali Australia Ms Anthea Griffin, untuk tampil di Coral Triangle Centre, Denpasar Bali, mulai pukul 16:00 pada hari Sabtu tanggal 8 Juli 2023.

Program ini akan menampilkan lagu daerah tradisional Australia dan Indonesia yang dibawakan oleh 18 anak dari BlueScope Youth Orchestra dan 30 anak dari Voice of Bali Children’s Choir. 

Makna, popularitas dan makna dari lagu-lagu ini akan dijelaskan oleh seorang narator, Ibu Ratna Indah. Narasi akan dibuat dalam Bahasa Indonesia untuk pertunjukan Pesta Kesenian Bali dan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk program Coral Triangle Center. Durasi: satu jam.

Bagian dari lagu-lagu rakyat Australia dalam program tersebut, mewakili bagian kedua dari tiga tradisi besar sejarah Australia. Ketiganya adalah: 65.000 tahun pendudukan Aborigin, sejarah kolonial Australia dan sejarah migrasi di mana orang-orang dari empat penjuru dunia memilih untuk menjadikan Australia rumah baru mereka. 

Sementara, bagian lagu daerah Indonesia mewakili lagu tradisional Indonesia yang paling dicintai dan dikenali.

1. The Wild Colonial Boy
2. Janger
3. The Wild Rover
4. Soleram
5. Click Go The Shears
6. Manuk Dadali
7. The Dying Stockman’ 
8. Sik Sik Sibatumanikam
9. Waltzing Matilda
10. Medley nusantara 

Final: Pertunjukan gabungan 'Kookaburra Sits in the Old Gum Tree". 

Komentar