nusabali

Disdikpora Manfaatkan Virtual Office, Untuk Mudahkan Birokrasi

  • www.nusabali.com-disdikpora-manfaatkan-virtual-office-untuk-mudahkan-birokrasi

SINGARAJA, NusaBali - Kemajuan teknologi informasi turut membantu memudahkan dalam hal pekerjaan. Termasuk penggunaan kantor virtual seperti yang dilakukan jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng melalui Virtual Back Office (VBO) Lascarya yang dirancang.

Penggunaan aplikasi ini ditujukan memudahkan birokrasi hingga meng-update informasi mengenai pendidikan.

Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika mengatakan kebutuhan data dalam digitalisasi saat ini sangat penting. Terlebih data-data di dunia pendidikan yang sangat dinamis dan diperlukan keakuratan dan kecepatan. Untuk memudahkan semua itu, diwujudkan dalam satu aplikasi bernama Lascarya yang merupakan akronim dari "jelas, lancar, dan terpercaya".

Menurutnya, pemanfaatan teknologi informasi ini implementasi Rancangan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrasi Ak 1 tahun 2023. Aplikasi berbasis google site belajar.id ini memuat dokumen lembaga yang dibutuhkan oleh para pengambil kebijakan, pejabat berwenang sebagai bahan informasi dunia pendidikan di Buleleng.

"Aplikasi bernama VBO-Lascarya ini merupakan dokumen lembaga dalam bentuk agregat, secara jelas, sumbernya terpercaya, cepat kapan pun pimpinan membutuhkan data dengan cepat didapat. Aplikasi ini tidak bersifat umum. Ini untuk kebutuhan internal," sebut Astika, Kamis (6/7).

Astika berharap aplikasi ini juga bisa digunakan jajaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lainnya di Pemerintah Daerah Buleleng melalui Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Secara internal Disdikpora dan seluruh satuan pendidikan akan kami imbaskan replikasi aplikasi ini sehingga bermanfaat di lingkungan kami dan lembaga," pungkasnya.

Secara teknis, penggagas aplikasi VBO-Lascarya Ida Bagus Gde Surya Bharata mengatakan tata kelola data dan informasi merupakan hal yang vital, percepatan transformasi digital saat ini merupakan hal yang wajib diikuti.

Adapun fitur-fitur dalam VBO-Lascarya dalam fungsi layanan informasi internal adalah front office yang terdiri dari agenda pimpinan, buku tamu, korespondensi surat masuk dan keluar, kemudian data center meliputi data pokok masing-masing bidang, data anggaran, data aset, data arsip, kepegawaian, dan data layanan.

Kemudian terdapat fitur DMS (dashboard management system), kinerja, realisasi anggaran, mandatory, kinerja daerah, IKM, indeks persepsi anti korupsi. Lalu fitur knowledge management system (KMS) berupa regulasi, kajian, artikel, dan naskah manajemen. Lascarya juga terhubung link Dapodik, simpeg, e-surat, e-cuti, g-kinerja, Disdukcapil, BPS, e-PPDB dan banyak link terkait. 7mzk

Komentar