nusabali

Air Tukad Unda Meluap, 34 Warga Dievakuasi

  • www.nusabali.com-air-tukad-unda-meluap-34-warga-dievakuasi
  • www.nusabali.com-air-tukad-unda-meluap-34-warga-dievakuasi
  • www.nusabali.com-air-tukad-unda-meluap-34-warga-dievakuasi
  • www.nusabali.com-air-tukad-unda-meluap-34-warga-dievakuasi

SEMARAPURA, NusaBali - Akibat diguyur hujan lebat menyebabkan air Tukad (Sungai) Unda, Klungkung, meluap hingga masuk ke pemukiman warga dengan ketinggian air mencapai 80 cm pada, Kamis (6/7) malam pukul 20.00 Wita.

Akibatnya, 34 orang warga dari 7 KK di wilayah Paguyuban Suka Duka Kali Unda, Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung terpaksa harus dievakuasi.

Pantauan di lapangan petugas gabungan BPBD, TNI/Polri turun ke lokasi untuk mengevakuasi satu per satu warga tersebut sejak pukul 20.00 Wita. Hujan deras pun masih mengguyur dan ruas jalan menuju lokasi rumah warga yang akan dievakuasi juga banjir. Petugas juga memakai senter untuk penerangan karena ruas jalan gelap.

Selanjutnya petugas membagi tim untuk mendatangi satu per satu dari 7 KK tersebut. Tak berselang lama petugas pun kembali membawa warga ke titik aman, bahkan ada lansia yang harus digendong oleh petugas. Selain itu, beberapa warga langsung diangkut menggunakan mobil operasional BPBD dan patroli kepolisian.

Foto: Suasana penampungan sementara warga bantaran Tukad Unda yang terpaksa dievakuasi karena air meluap di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya Semarapura, Kamis (6/7) malam. -IST

Atas instruksi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sebanyak 34 warga tersebut dievakuasi menuju Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung. Proses evakuasi selesai pukul 22.00 Wita dan warga tersebut langsung mendapatkan penanganan di balai budaya oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, I Putu Widiada mengatakan debit air Tukad Unda cukup tinggi setelah diguyur hujan deras sejak pagi. Air itu juga masuk ke permukiman warga terutama di sisi utara. "Proses evakuasi berjalan aman dan lancar," ujar Widiada. Lurah Semarapura Kangin, Ida Bagus Putra Adnyana menambahkan warga di wilayah Paguyuban Suka Duka Kali Unda yang dievakuasi sebanyak 34 orang dari 7 KK yang berada di dekat bantaran Tukad Unda.

"Saat ini semuanya (34 orang) sudah di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, dan sudah disiapkan sarana tempat tidur oleh OPD terkait," ujar IB Adnyana. Ketinggian air yang masuk ke dalam permukiman warga mencapai hingga 80 cm dan beberapa warga sempat terjebak. "Untuk lansia dievakuasi dengan cara digendong oleh petugas," ujar IB Adnyana. 7 wan

Komentar