nusabali

Bambang Danuri Tegaskan Purnawirawan Polri Netral

Ganjar Pranowo Hadir di HUT PP Polri

  • www.nusabali.com-bambang-danuri-tegaskan-purnawirawan-polri-netral

JAKARTA, NusaBali - Ketua Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri menegaskan netralitas organisasinya dari perpolitikan dengan hadirnya Ganjar Pranowo, calon presiden dari PDIP di acara HUT Ke-24 organisasi tersebut.

"Kami netral, siapa pun boleh pilih siapa pun. Tapi kalau posisi PP Polri netral tidak ada sama sekali dukung mendukung," kata Bambang di sela-sela acara HUT Ke-24 PP Polri di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (5/7).

Bambang menjelaskan, kehadiran Ganjar Pranowo dalam kegiatan tersebut sebagai anak dari anggota Polri, diundang bersama anak-anak anggota Polri lainnya yang kini menjabat sebagai kepala daerah. Seperti Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

"Beliau (Ganjar Pranowo) seorang putranya Polri Brimob berpangka lettu, Pak Bima Arya, ayahnya seorang kolonel, dan kemudian beliau jadi wali kota. Dan kami undang juga putri-nya Pak Da'i Bactiar jadi Bupati di Indramayu, ada juga Gubernur Maluku Pak Murad Ismail, Gubernur Kaltara, kami undang semua. Warnanya berbeda-beda," ujar Bambang.

Kapolri ke-19 itu juga membantah jika ada di antara anggota PP Polri menjadi pendukung Ganjar Pranowo di Piplres 2024. "Mana, enggak ada. Dari mana informasi-nya. Sama sekali enggak ada (dukung-mendukung)," tutur alumni Akpol 1974 ini.

Dalam kegiatan HUT Ke-24 PP Polri tersebut, baik Ganjar maupun Bima Arya memberikan testimoni sebagai anak seorang anggota Polri yang kini sukses berkarir di kancah politik menjadi kepala daerah. Terkait ketidakhadiran sejumlah mantan Kapolri seperti Tito Karnavian dan Idhan Azis, menurut Bambang dikarenakan kesibukan masing-masing, sehingga diwakilkan kehadirannya. "Begini-begini, kan kami undang beliau pasti ada kesibukan. Enggak semuanya yang kami undang, ada selain Pak Tito atau Pak Idham ada yang wakilkan juga ya," ucap Bambang.

Demikian pula dengan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga tidak hadir dalam acara tersebut. Bambang mengatakan pihaknya mengundang Kapolri Listyo dalam acara tersebut, namun tidak bisa hadir karena ada perjalanan dinas ke Papua bersama Panglima TNI. "Pak Kapolri beliau jam lima sudah berada di Papua dengan Panglima TNI, jadi beliau tidak bisa hadir. Karena beliau tidak bisa hadir tentunya kami tidak mengikutsertakan para pejabat lainnya," ujarnya.

Jenderal purnawirawan Polri itu menegaskan, kegiatan hari ini murni kegiatan PP Polri. Dan pihaknya mengagendakan acara khusus dengan Kapolri di Mabes Polri dalam waktu dekat. "Insya Allah minggu depan kami ada acara khusus dengan Bapak Kapolri di Mabes Polri berkaitan dengan apa yang sedang kami lakukan, yang nanti kami mintakan pertemuan dengan Pak Kapolri khusus," imbuhnya. ant

Komentar