nusabali

Latih Kemandirian, 4 SD di Gianyar Gelar Persani

  • www.nusabali.com-latih-kemandirian-4-sd-di-gianyar-gelar-persani
  • www.nusabali.com-latih-kemandirian-4-sd-di-gianyar-gelar-persani

GIANYAR, NusaBali - Mengisi libur sekolah, 4 SD di Kecamatan Gianyar bagian utara menggelar Pramuka Perkemahan Satu Hari (Persari). Persari dipusatkan di SDN 1 Suwat Gianyar, Selasa (4/7).

Kegiatan diisi dengan baris berbaris, cari jejak hingga api unggun. Persani untuk melatih kemandirian. Kasek SDN 1 Suwat yang juga Kambigus (Kepala Majelis Bimbingan Gugus), I Made Sutirka, mengatakan Persani untuk membina anak agar berakhlak mulia. “Ketrampilan dan disiplin sesuai Kurikulum Merdeka Belajar, otak kiri dan kanan seimbang,” ujar Sutirka.

Dikatakan, kepanduan Pramuka dipandang tepat dalam menanamkan ketrampilan bagi siswa kategori Penggalang. “Peserta sebanyak 120 orang. Anak-anak sangat antusias, acaranya cari jejak, merayap, senang, payah hilang,” ujar Sutirka. Pesan moral yang diambil, anak-anak bisa mengamalkan Pancasila yakni gotong royong dan berdikari. “Anak diajarkan mandiri dan disiplin sejak dini, ibarat alang-alang masih tajam,” jelasnya.

Program ini digelar tanpa batas. Jika Siaga sudah cocok, bisa dilantik. Selain belajar, ada perlombaan agar peserta terpacu. “Kami harap kepramukaan dilanjutkan minimal tiap Sabtu,” harap Sutirka. Pelatih Pembina Pramuka Kabupaten Gianyar, I Nyoman Lana, menambahkan ilmu Pramuka harus dipahami secara bertahap mulai pra Siaga, Siaga, tingkat SMP Penggalang, dan SMA Penegak, lalu Pembina. Di Pramuka ada kemiliteran. “Jadi mampu berbuat disiplin, melatih moral,” ungkapnya.

Pramuka mengajarkan anak-anak mandiri, minimal bisa cuci piring sendiri. 7 nvi

Komentar