nusabali

Perumda Tirta Hita Buleleng Promo Tarif Murah

  • www.nusabali.com-perumda-tirta-hita-buleleng-promo-tarif-murah

SINGARAJA, NusaBali - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Hita Buleleng tahun ini kembali membuka layanan pemasangan baru tarif murah. Namun gebyar tarif murah ini khusus diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dirut Perumda Tirta Hita Buleleng I Made Lestariana, Minggu (2/7), mengatakan program gebyar tarif murah ini memang rutin dibuka setiap tahunnya. Keringanan diberikan dengan potongan harga. Jika untuk sambungan baru harga normal yang dipasang Perumda Tirta Hita Buleleng sebesar Rp 1,6 juta. Namun dengan program gebyar tarif murah ini masyarakat kategori MBR hanya perlu membayar Rp 1 juta.

Selain potongan harga, mereka juga diberikan keringanan lain dengan mencicil maksimal 5 kali. "Program ini kami berikan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu mendapatkan pelayanan air bersih sebagai pelayanan dasar," kata Lestariana.

Namun karena diperuntukkan bagi MBR, Perumda Tirta Hita membentuk tim survei dan verifikasi yang akan melakukan pemantauan langsung ke lokasi pemohon. Sehingga setelah disetujui, program ini dipastikan benar-benar tepat sasaran.

Syarat utama pemohon selain berpenghasilan rendah juga akan dilihat beberapa kriteria lainnya. Seperti meteran listriknya 450-900 KWh, dan rumah yang akan dipasangi sambungan baru ditempati oleh yang bersangkutan.

"Saat ini sedang tahap pengumuman. Permohonannya kami buka sampai Agustus. Tetapi kalau permohonan bulan Juli paling lama pemasangannya Agustus. Kalau yang memohon Agustus paling lambat dipasang September," imbuh dia.

Sementara hingga saat ini Perumda Tirta Hita Buleleng memiliki 64.000 pelanggan di 68 daerah layanan. Kebutuhan air bersih dipenuhi dari 60 titik sumber air. Sebanyak 41 sumber dari sumur bor, 2 sumber dari air permukaan dan sisanya 17 sumber dari mata air langsung dengan total debit yang dikelola 826 liter per detik. 7k23

Komentar