nusabali

Ngaben Massal Desa Adat Jungutbatu Mengupacarai 71 Sawa

  • www.nusabali.com-ngaben-massal-desa-adat-jungutbatu-mengupacarai-71-sawa
  • www.nusabali.com-ngaben-massal-desa-adat-jungutbatu-mengupacarai-71-sawa

SEMARAPURA, NusaBali - Desa Adat Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung menggelar ngaben massal secara gratis, Saniscara Pon Gumbreg, Sabtu (1/7). Ngaben massal mengupacarai 71 sawa.

Sumber dana dari pendapatan asli desa (PAD) Desa Adat Jungutbatu dan punia. Koordinator Pawongan Desa Adat Jungutbatu sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Ngaben, Nyoman Tirta menyampaikan upacara massal gratis ini meliputi Pitra Yadnya, Manusa Yadnya, dan Dewa Yadnya.

Nyoman Tirta menerangkan, upacara yang dilaksanakan yakni ngaben, nglungah, nglangkir, mapandes, ngingkup, dan nglinggihang dengan anggaran Rp 2,1 miliar. “Program ngaben massal gratis ini sudah berlangsung tiga kali semenjak Jro Bendesa Adat dijabat Ketut Gunaksa,” ujar Nyoman Tirta, Minggu (2/7). Prajuru desa adat dan tokoh masyarakat berkomitmen menggelar ngaben massal gratis untuk meringankan masyarakat. 

Foto: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri persiapan prosesi ngaben massal di Desa Adat Jungutbatu, Kamis (29/6). -IST

Menurut pria yang akrab disapa Nyoman Turu ini, Desa Adat Jungutbatu juga membiayai kesehatan para pamangku. “Kami ada di wilayah destinasi pariwisata dan banyak ada pemasukan,” ujarnya. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta juga menghadiri persiapan prosesi ngaben massal di Desa Adat Jungutbatu, Kamis (29/6) lalu. 

Bupati Suwirta mengapresiasi pelaksanaan upacara ngaben massal gratis yang dilaksanakan Desa Adat Jungutbatu. “Terima kasih kepada prajuru dan krama karena sudah menjalankan konsep lembaga keuangan desa adat dengan baik,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini berpesan kepada prajuru desa adat agar aktif mendata dan mendaftarkan krama agar mendapatkan layanan BPJS Kesehatan. Bupati juga mengingatkan krama jangan hanya mengandalkan sektor pariwisata saja tetapi juga sektor pertanian, perikanan, dan lainnya sebagai mata pencaharian dalam menafkahi keluarga. Di hari yang sama Bupati Suwirta menghadiri prosesi upacara ngaben lan penyekahan di Banjar Adat Ponjok, Desa Adat Panca Bhuana Santi, Kecamatan Nusa Penida dengan jumlah 30 sawa. 7 wan

Komentar