nusabali

Safari Kesehatan Iringi Bulan Bung Karno 2023

  • www.nusabali.com-safari-kesehatan-iringi-bulan-bung-karno-2023
  • www.nusabali.com-safari-kesehatan-iringi-bulan-bung-karno-2023

SINGARAJA, NusaBali - Memperingati Bulan Bung Karno 2023, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Singaraja menggelar safari kesehatan serta lomba cipta baca puisi di Kampus STKIP Agama Hindu Singaraja, Jumat (30/6).

Kegiatan tersebut digelar melibatkan Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Buleleng dan turut dimeriahkan puluhan pelajar SMP dan SMA/SMK di Buleleng.

Ketua DCP BMI Buleleng, Dr dr Ketut Putra Sedana SpOG, alias dr Caput mengatakan, kegiatan yang digelar dengan STKIP Agama Hindu dalam rangka hari lahirnya Pancasila dan Bulan Bung Karno. Melalui safari kesehatan generasi muda diingatkan agar selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan olahraga, serta nutrisi yang cukup. Selain itu terpenting menjaga pikiran tetap positif.

Dalam lomba puisi, para peserta diminta untuk menciptakan hasil karya sendiri dengan tema Pancasila dan nasionalisme. Hal ini diharapkan generasi muda dapat memahami nilai Pancasila. Namun tidak saja berupa narasi tapi sebuah implementasi. Selain itu, para pemuda agar tidak abai terhadap nilai-nilai Pancasila yang sudah ditanamkan oleh pahlawan terdahulu.


"Sejarah ini harus diketahui karena esensinya kita selalu belajar dari sejarah. Seperti pesan Bung Karno, jangan sekali melupakan sejarah. Ini menjadi salah satu bagian yang harus ditanamkan kepada generasi muda," kata dr Caput.

Sementara itu, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu STKIP Agama Hindu Singaraja Ni Wayan Putri Desvita Sari menyebutkan, tema kegiatan yang digelar yakni "Bangkitnya Generasi Muda Melalui Jiwa Pancasila". Tema ini diusung sejalan dengan nilai-nilai ajaran Bung Karno untuk setia mengamalkan Pancasila.

"Para peserta diminta untuk menciptakan hasil karya mereka sendiri dengan tema Pancasila, perjuangan pahlawan, bela negara, dan nasionalisme," ujarnya.

Desvita Sari menambahkan, safari kesehatan menyasar para orang tua pendamping dan peserta lomba. Pada safari kesehatan itu, para orang tua pendamping juga dapat menjalani cek kesehatan gratis. "Fasilitas kesehatan yang disediakan yakni cek pemeriksaan kesehatan gratis, dari hal yang umum ya seperti cek darah, cek tensi, dan lain sebagainya," jelas dia. 7mzk

Komentar