nusabali

Buleleng Lebihi Target di Porsenijar Bali

  • www.nusabali.com-buleleng-lebihi-target-di-porsenijar-bali

SINGARAJA, NusaBali - Kontingen Kabupaten Buleleng mempertahankan posisi ketiga dalam Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Bali 2023. Meskipun belum mampu menggeser Denpasar dan Badung di urutan pertama dan kedua, Buleleng patut berbangga dengan perolehan medali emas yang melebihi target, yakni 100 emas, 112 perak dan 142 perunggu.

Raihan tersebut diperjuangkan 460 atlet dan 36 seniman yang berjuang pada 20-27 Juni lalu. Jumlah tersebut juga melampaui target sebelumnya atau meningkat sekitar 10 persen dari 73 medali emas dalam Porsenijar 2019 lalu. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika mengaku berbangga dengan perjuangan dan kerja keras seluruh kontingen Buleleng. Tidak hanya atlet dan artis yang berjuang langsung di laga tetapi juga dukungan pelatih dan juga official.

“Saat pelepasan pak Pj Bupati memberi target kita bisa menaikkan perolehan emas 10 persen tetapi capaian akhirnya sudah jauh melebihi target dan kita patut berbangga,” ucap Astika.

Pencapaian kontingen Buleleng pada Porsenijar 2023, kata Astika, merupakan sebuah proses. Seluruh keberhasilan yang diraih atlet dan artis Buleleng tidak semata-mata didapatkan begitu saja. Namun yang terpenting pembibitan atlet dan artis di masing-masing cabang olahraga dan seni sudah menunjukkan hasil yang sangat signifikan.

“Buleleng sangat komitmen untuk pembibitan atlet sejak dini dan bangga menggunakan atlet dan artis binaan sendiri. Hal ini harus dipertahankan sebagai identitas dan kebanggaan daerah,” kata pejabat asal Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng ini.

Ke depan Buleleng tetap optimistis dapat meningkatkan lagi target perolehan medali. Yakni, mengejar perolehan medali kontingen Badung dan Denpasar. Apalagi Buleleng dengan jumlah penduduk terbanyak, kata Astika, jadi modal awal mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik. k23

Komentar