nusabali

Distan Cek Kondisi Hewan Kurban

  • www.nusabali.com-distan-cek-kondisi-hewan-kurban

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng menerjunkan tim dokter hewan untuk mengecek kesehatan hewan kurban hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Pengecekan dilakukan untuk menjamin kesehatan daging kurban. Petugas mengecek kesehatan hewan kurban mulai dari sebelum disembelih (antemortem) dan sesudah disembelih (postmortem).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Made Suparma mengatakan, berdasarkan pemantauan pihaknya pada Rabu (28/6) dan Kamis (29/6), pemotongan hewan kurban tahun ini berjalan lancar dan tidak ditemukan adanya penyakit pada ternak kurban. "Seluruh hewan kurban yang dipotong telah melewati pemeriksaan persyaratan, seperti kesehatan fisik yang baik," ujar Suparma, Kamis (29/6).

Sebelum dipotong, kesehatan hewan kurban akan dicek terlebih dahulu dengan pemeriksaan fisik. Meliputi suhu tubuh, bola mata, dan kelopak mata. Setelah hewan kurban dipotong dilakukan pemeriksaan postmortem seperti pada bagian paru-paru dan hati. Hewan sehat, paru-paru berwarna pink tidak lengket dengan bagian tubuh lain, tidak ada cacing hati.


Untuk memastikan kualitas daging kurban, tim dokter hewan melakukan pemeriksaan terhadap organ-organ ternak untuk mendeteksi keberadaan cacing hati. Apabila ditemukan cacing hati pada hewan kurban, organ yang terinfeksi dipisahkan, sedangkan organ lainnya dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Suparma menambahkan, tidak ditemukan kasus penyakit pada hewan kurban tahun ini. Karena daerah Buleleng telah nihil kasus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Meskipun belum tercatat secara keseluruhan, Suparma memperkirakan jumlah hewan kurban tahun ini tidak akan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.

Adapun hewan kurban pada Idul Adha tahun lalu tercatat sebanyak 186 ekor sapi dan 239 ekor kambing. "Kemungkinan besar kambing akan menjadi hewan kurban yang paling banyak dipotong," ucapnya.

Adapun lokasi pemotongan hewan kurban di Kabupaten Buleleng ada sebanyak 80 lokasi lebih. Pihaknya menugaskan tim dokter hewan di tiap titik pemotongan untuk mengecek kondisi ternak. Pemotongan hewan kurban masih dilakukan hingga Sabtu (31/6) dengan sapi kurban Presiden Joko Widodo yang rencananya akan dipotong di Masjid Agung Jamik Singaraja.7mzk

Komentar