nusabali

Koster Buka Porsenijar Bali, Diikuti 6 Ribu Lebih Peserta

  • www.nusabali.com-koster-buka-porsenijar-bali-diikuti-6-ribu-lebih-peserta

DENPASAR, NusaBali - Gubernur Bali Wayan Koster membuka secara resmi Pekan Olahraga Seni dan Pelajar (Porsenijar) Bali 2023, ditandai dengan pelepasan balon dan burung merpati, di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Rabu  (21/6) pagi.

Porsenijar Provinsi Bali itu akan bergulir hingga Selasa (27/6) dengan mempertandingkan 31 cabang olahraga (cabor) resmi dan 7 cabor ekshibisi serta 9 kategori seni, diikuti total sebanyak 6.420 orang.

Gubernur Koster sangat mengapresiasi semangat ribuan atlet pelajar yang berpartisipasi dalam Porsenijar Bali 2023 ini. Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini berharap dalam setiap pertandingan para atlet tetap menjunjung tinggi sportivitas, termasuk para wasit dan juri wajib profesional dan objektif dalam memberikan penilaian. Sehingga kegiatan Porsenijar Provinsi Bali bisa berjalan dengan sukses dan lancar dengan mengedepankan sportivitas. 

Dikatakannya, dalam perjalanannya Porsenijar Bali sempat vakum selama 3 tahun. Hal itu dipicu suasana pandemi Covid-19. Namun pada akhirnya event Porsenijar Provinsi Bali yang selalu dinantikan oleh atlet dari kalangan pelajar se-Bali bisa digulirkan kembali tahun 2023 ini. Semua ini tidak lepas dari kegiatan yang dihelat kembali oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bali. Untuk itu Porsenijar Provinsi Bali tahun 2023 ini adalah momentum yang tepat untuk bangkit kembali. 


“Ini momentum yang bagus untuk membangkitkan spirit dalam membangun olahraga Bali agar memiliki prestasi terbaik untuk Bali dan Indonesia,” ujar Gubernur Koster. 

Sementara itu, Ketua Panitia Porsenijar Bali 2023 Made Dana Tenaya dalam laporannya menyampaikan Porsenijar Provinsi Bali tahun 2023 mengambil tema ‘Melalui Pekan Olahraga dan Seni Pelajar Provinsi Bali 2023 Kita Raih Prestasi dengan Menjungjung Tinggi Sportivitas Berdasarkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali’. 

Kata Dana Tenaya yang juga Ketum Pengprov Persani Bali, jumlah peserta dalam event bergengsi ini mencapai 6.420 orang. Jumlah itu terdiri dari 5.234 atlet, 947 pelatih, dan 239 official. 

Rinciannya, kontingen Badung 1.363 orang, kontingen Denpasar sebanyak 1.148 orang, kontingen Gianyar 934 orang, kontingen Buleleng 796 orang, kontingen Klungkung 597 orang, kontingen Tabanan 494 orang, kontingen Jembrana sebanyak 397 orang, kontingen Karangasem 360 orang, dan kontingen Bangli 331 orang.


Porsenijar Bali 2023 akan bergulir hingga 27 Juni mendatang dengan venue tersebar di Kabupaten Badung 5 venue, Tabanan 1 venue, dan 32 venue tersebar di Kota Denpasar. Porsenijar kali ini mempertandingkan 31 cabang olahraga resmi dan 7 cabor ekshibisi serta 9 kategori seni. 

Dana Tenaya menambahkan tujuan dari kegiatan Porsenijar Bali adalah untuk mengadakan evaluasi kegiatan olahraga dan kreativitas di bidang seni di kalangan pelajar, dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga dan bakat di bidang seni. Kegiatan ini juga memiliki tujuan memberikan kesempatan kepada olahragawan dan artis pelajar untuk berpacu dalam prestasi.  

Kepala Disdikpora Bali Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa berharap lewat Porsenijar ini akan menjadi sarana Disdikpora Bali untuk menggali bibit-bibit potensial dan unggul menuju Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) maupun Pekan Olahraga Nasional (Popnas). Kata dia, lewat Porsenijar Provinsi Bali ini juga akan lahir dan muncul atlet-atlet baru sebagai bintang lapangan yang nantinya dapat dikembangkan prestasi di event yang lebih tinggi. 7 dek

Komentar