nusabali

PPDB Buleleng Dibuka Hari Ini, Jenjang SMP Full Online

  • www.nusabali.com-ppdb-buleleng-dibuka-hari-ini-jenjang-smp-full-online

Daya tampung 73 SMP negeri dan swasta di Buleleng mencapai 12.171 siswa, sedangkan daya tampung 465 SD  mencapai 12.948 siswa.

SINGARAJA, NusaBali
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Buleleng akan dimulai serentak hari ini, Senin (19/6). Khusus untuk jenjang SMP, seluruh proses PPDB menggunakan sistem online. Sedangkan untuk jenjang SD, PPDB online baru diterapkan di sekolah percontohan.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng telah menyiapkan sistem yang di-backup juga oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Santi) Buleleng. Seluruh masyarakat Buleleng dapat mengakses pendaftaran online melalui link e-ppdb.bulelengkab.go.id.

Sekretaris Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gede Surya Bharata, Minggu (18/6) menjelaskan, seluruh proses PPDB mengacu pada Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dengan sistem zonasi. Sedangkan dalam proses pendaftaran ada 4 jalur yang dapat ditempuh, yakni, jalur zonasi, afirmasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orangtua.

 “Masing-masing sekolah ada ada peta zonasinya, sehingga penerimaan siswanya juga harus sesuai dengan zona tersebut. Terkecuali yang melamar di jalur prestasi dan perpindahan orangtua bisa mendaftar di luar zona,” terang Surya Bharata.

Data Disdikpora Buleleng, dari pemetaan daya tampung sekolah, dipastikan Surya Bharata tidak ada kendala. Seluruh lulusan SD akan terserap di 73 SMP negeri dan swasta dengan total daya tampung 12.171 orang. Sedangkan di tingkat SD dari 465 sekolah negeri dan swasta memiliki daya tampung 12.948 orang.

“Kalau di jenjang SD bisa dipastikan seluruhnya aman. Di SMP memang ada  beberapa yang perlu dipetakan ulang, terutama di sekolah yang ada di wilayah padat penduduk. Tetapi itu sudah kami carikan solusi kalau ada pendaftar lebih akan didistribusikan ke sekolah terdekat lainnya,” imbuh dia.

Sementara itu untuk proses PPDB di jenjang SD dimulai dari tanggal 19-23 Juni 2023 dan pendaftaran kembali pada tanggal 26 Juni-8 Juli. Kemudian disusul jenjang pendidikan SMP pendaftaran dimulai pada tanggal 19-27 Juni dan pendaftaran ulang pada tanggal 3-8 Juli. Lalu di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pendaftaran dimulai pada tanggal 19-22 Juli dan pendaftaran ulang pada tanggal 26 Juni sampai 7 Juli. 7k23

Komentar